Agar Buah Hati Tetap Sehat, Inilah 5 Makanan yang Tidak Boleh Anda Tinggalkan

27 Juli 2014 Artikel Kesehatan


Para orangtua harus pintar dalam memberikan asupan zat gizi yang diperlukan anak. Agar otak anak dapat berkembang secara maksimal. Banyak makanan sehari-hari yang bernutrisi hebat untuk otak anak. Pemilihan makanan yang sehat tentu menjadi tugas para orang tua. Jika nutrisi mereka optimal, pertumbuhan mereka juga lebih baik. Tantangan orang tua masa kini tentu lebih berat, karena ada banyak makanan (baik yang sehat ataupun tidak) yang bisa dikonsumsi anak-anak.

Agar buah hati tetap sehat, inilah 5 makanan yang tidak boleh Anda tinggalkan, dilansir oleh healthmeup.com.

1. Ikan

Mitos bahwa kacang bisa membuat pintar tidak sekedar mitos belaka. Ikan memiliki asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak mereka. Selain itu, asam lemak omega 3 baik untuk kesehatan mata anak-anak. Beberapa ikan yang dianjurkan dikonsumsi anak-anak adalah ikan salmon atau tuna. Namun jika kedua ikan itu sangat sulit ditemukan di Indonesia, ikan seperti patin, lele dan ikan laut lainnya bisa jadi pilihan.

2. Telur

Telur adalah salah satu protein hewani yang banyak mengandung vitamin B. Protein dan vitamin B sangat bermanfaat untuk mendukung masa pertumbuhan mereka. Yang menyenangkan, telur bisa diolah menjadi banyak masakan, direbus, didadar, diorak-arik dan sebagainya, sehingga anak tidak akan bosan. Jangan takut dengan kuning telur, karena anak-anak membutuhkan kuning telur dan putih telur.

3. Susu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa susu adalah salah satu sumber nutrisi yang sangat baik untuk anak-anak. Sayangnya, hanya sedikit anak Indonesia yang mengonsumsi susu secara rutin. Sebagai motivasi agar Anda rajin memberikan susu kepada buah hati tercinta, susu mengandung vitamin D dan fosfor yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Nutrisi lain seperti protein, seng, vitamin A, B2, dan B12 juga sangat penting untuk pertumbuhan mereka. Jika anak tidak suka susu, coba berikan olahan lain seperti milkshake atau puding susu.

4. Kacang-Kacangan

Protein nabati banyak terdapat dalam kacang-kacangan. Selain itu, kacang mengandung kalsium, serat, dan antioksidan. Kacang yang diolah dengan tepat mengandung sedikit lemak, sedikit kalori dan sedikit sodium, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh anak tanpa takut mereka akan mengalami kegemukan. Beberapa jenis kacang yang bisa Anda berikan untuk anak adalah kacang tanah, kedelai, kacang polong, kacang koro dan sebagainya.

5. Ubi Manis

Makanan ini sering dianggap makanan kampung, padahal di dunia medis, ubi adalah salah satu superfood dengan nutrisi yang sangat banyak. Ubi manis memiliki beta karoten yang sangat tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas dari berbagai makanan tidak sehat. Selain itu, ubi manis mengandung vitamin A, vitamin C, Vitamin E, serat, kalsium dan zat besi. Tidak heran jika ubi manis dijuluki salah satu makanan alami paling sehat di dunia. Mengolah ubi paling bagus jika tidak mengalami proses goreng.

Jika Anda ingin anak-anak Anda bisa cepat tumbuh dan berkembang, cobalah untuk memberikan kepada mereka setiap hari, dan lihat hasilnya kemudian yang luar biasa. Mereka tidak hanya akan tumbuh kembang, akan tetapi juga akan menjadi kuat dan sehat

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)