9 Alasan Sehat untuk Makan Tomat

7 April 2019 Artikel Kesehatan


Tomat salah satu jenis buah ini dikenal dengan kandungan vitamin C dan air yang banyak. Tomat bisa dikonsumsi dengan masakan atau dijadikan minuman. Banyak orang yang tidak menyukai tomat, padahal buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat yang terkandung dalam tomat:
1. Menguatkan tulang

Tomat mengandung kalsium yang baik untuk menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Kandungan lycopene di dalamnya juga mampu memadatkan tulang.

2. Mencegah kanker
Tomat tinggi akan kandungan zat antioksidan seperti lycopene yang dapat menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh penyebab kanker. Tomat juga mencegah kerusakan DNA yang menjadi salah satu faktor penyebab kanker.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tomat kaya akan berbagai macam vitamin termasuk vitamin C. Vitamin ini sendiri baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit.

4. Mempercantik kulit
Kandungan vitamin C dalam tomat akan membantu pembentukan kolagen di kulit sehingga kulit Anda akan lebih cantik.

5. Mencegah penggumpalan darah
Pembekuan darah mampu menghambat sirkulasi darah dan menyebabkan serangan jantung dan stroke. Mengonsumsi tomat sendiri mampu mencegah penggumpalan darah tersebut.

6. Mengontrol asma
Tomat kaya akan lycopene dan vitamin A yang mampu mencegah dan mengendalikan asma. Oleh karena itu jika Anda menderita asma, cobalah secara rutin mengonsumsi buah ini.

7. Menyehatkan mata
Tomat sangat tinggi akan vitamin A. Vitamin ini sendiri baik untuk menyehatkan mata serta mempertajam penglihatan Anda.

8. Menurunkan kadar diabetes
Mereka yang memiliki penyakit diabetes, disarankan untuk memperbanyak konsumsi tomat. Sebab tomat akan menormalkan kadar gula darah Anda.

9. Mencegah stroke
Tomat akan meningkatkan sirkulasi darah ke otak sehingga dapat mencegah stroke.

Selain dicampur ke dalam masakan, Anda juga bisa mengonsumsi tomat secara langsung guna mendapatkan manfaat sehatnya. Tomat adalah buah yang mudah ditemukan di Indonesia dan cukup murah. Jangan lewatkan banyak manfaat kesehatan dari buah ini!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)