8 Trik Langsing Tanpa Diet

13 Januari 2010 Artikel Kesehatan


Menurunkan berat badan tidak selalu berkaitan dengan diet dan aktivitas fisik. Anda bisa mengoptimalkan penurunan berat badan dengan menerapkan beberapa langkah sederhana, seperti makan perlahan. Berikut beberapa cara lain yang bisa menjadi panduan Anda:

Ukur durasi makan Anda. Sediakan waktu 20 menit untuk sekali makan dan latihlah diri Anda untuk makan secara perlahan. Ini merupakan kebiasaan top untuk menurunkan berat badan tanpa harus berkutat dengan diet. Nikmati setiap gigitan dan pastikan gigitan terakhir bersamaan dengan detik terakhir waktu 20 menit Anda. Cara ini bisa membuat Anda kenyang dengan porsi kecil dan memicu pelepasan hormon kenyang. Sedang makan terburu-buru bisa menghambat sinyal tersebut sehingga memicu makan berlebih.

Tambah jam tidur. Peneliti dari University of Michigan menemukan, menambah jam tidur ekstra satu jam sehari efektif menurunkan berat badan sebanyak tujuh kilogram setahun. Jam tidur ekstra ini, menurut peneliti, menggantikan waktu bermalas-malasan yang seringkali Anda habsikan dengan mengonsumsi kudapan tanpa kontrol. Selain itu, ada bukti yang menunjukkan bahwa kurang tidur bisa memacu selera makan dan membuat Anda selalu lapar.

Perbanyak variasi dan asupan sayur dan buah. Cobalah mengonsumsi tiga jenis sayur sekaligus sekali makan. Cara ini bisa membantu menambah asupan sayur Anda. Makan banyak sayur dan buah merupakan cara efektif menurunkan berat badan. Kandungan serat dan air di dalamnya akan membuat Anda kenyang sehingga mengurangi asupan kalori.

Jadikan sup makanan pembuka. Cobalah menambah sup kaldu untuk mengurangi asupan kalori harian Anda. Mengawali makan dengan sup akan mempelambat kecepatan makan dan mengendalikan selera makan Anda. Mulailah dengan sup kaldu rendah sodium atau sup kalengan yang ditambah sayuran. Tapi, berhati-hatilah dengan sup berkrim yang tinggi lemak dan kaya kalori.

Jadikan whole grain pilihan utama. Whole grain seperti beras merah, jelai, oat, dan gandum merupakan sabahat baik dalam menurunkan berat badan. Makanan ini bersifat mengenyangkan dengan kandungan kalori yang lebih sedikit. Selain itu, makanan ini juga dinyatakan berfungsi memperbaiki kadar kolesterol.

Pilih pizza sayur. Daripada pizza dengan topping daging, ada baiknya memilih pizza dengan topping sayur. Cara ini membantu Anda mengurangi 100 kalori. Selain itu, pilihlah pizza dengan olesan keju yang lebih tipis atau pizza dengan keju rendah lemak.

Kurangi asupan gula. Gantilah satu minuman bergula, seperti soda, dengan air putih. Dengan cara ini Anda telah mengurangi 10 sendok teh gula. Untuk menambah rasa. cobalah tambahkan lemon, mint atau stroberi beku ke dalam air putih Anda. Gula cair dalam soda mengganggu sinyal kenyang normal tubuh, sehingga membuat Anda makan lebih banyak.

Gunakan gelas yang tinggi langsing. Ada baiknya menggunakan gelas jenis ini dibandingkan gelas yang pendek dan lebar. Cara ini membantu mengurangi kalori cair dan berat badan Anda tanpa berdiet. Anda akan minum jus, soda atau minuman lain 25-30 persen lebih sedikit dengan menggunakan gelas ini.

Bagimana cara kerjanya? Menurut Brian Wansink, PhD, seperti dikutip situs webmd, isyarat visual bisa mengelabui Anda untuk makan lebih banyak atau lebih sedikit. Hasil tes yang dia lakukan di Cornell University menemukan, orang-orang menuang lebih banyak ke dalam gelas yang pendek dan lebar, bahkan seorang bartender yang berpengalaman sekalipun. (IK/OL-5)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat