7 Manfaat Sehat Mengkonsumsi Rebung yang Perlu di Ketahui

3 Oktober 2018 Artikel Kesehatan


Rebung adalah tunas mudah dari tanaman bambu. Tidak seperti batang kebanyakan, batang bambu memiliki bagian dalam berwarna putih dan bertekstur renyah. Kulit luarnya diselimuti bulu yang dapat menyebabkan rasa gatal jika terkena kulit. Karena rasanya yang enak, batang rebung ini juga sering dijadikan sebagai bahan masakan. Rebung biasanya diolah dengan cara dipotong-potong terlebih dahulu lalu direbus hingga matang. Proses perebusan seperti ini ditujukan untuk memperlunak tekstur rebung sekaligus untuk menghilangkan baunya yang kurang sedap.

Tidak hanya enak dimakan, batang bambu muda ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat batang bambu muda ini tidak lain karena kandungan zat yang ada di dalamnya. Rebung mengandung protein, karbohidrat, antioksidan, serat, kalium, vitamin A, vitamin B6, vitamin E dan 12 macam asam amino yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Berikut 7 manfaat rebung untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:
1. Turunkan Kadar Kolesterol

Antioksidan yang terkandung dalam batang rebung termasuk dalam jenis fikosterol. Antioksidan jenis ini mampu membantu penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh tanpa mengurangi jumlah kolesterol baik.

2. Mencegah Kanker
Hal ini dikarenakan rebung mengandung serat yang mampu menjaga kesehatan usus sehingga menghindarkan resiko kanker pencernaan, tidak hanya itu, antioksidan di dalamnya juga mampu membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker.

3. Turunkan Berat Badan
Rebung memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk menunjang program diet Anda. Batang yang memiliki permukaan kasar ini juga mengandung sedikit lemak dan gula.

4. Mencegah Resiko Stroke
Di dalam setiap 100 gram batang rebung mengandung sekitar 400 mG kalium. Kalium inilah yang kemudian membantu mencegah terjadinya serangan stroke karena mampu mengurangi desakan aliran darah.

5. Menyehatkan Pencernaan
Mengkonsumsi rebung sama artinya dengan memenuhi asupan serat yang dibutuhkan tubuh. Jika serat sudah terpenuhi, secara otomatis pencernaan akan menjadi lebih sehat.

6. Mengatasi Gangguan Pernafasan
Hal ini dikarenakan rebung memiliki kandungan asam amino yang cukup tinggi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengupas rebung lalu memotongnya tipis-tipis. Rebus potongan rebung ini hingga dua kali. Pada rebusan pertama didihkan rebung selama 5 menit. Setelah itu, ganti air rebusan dengan yang baru lalu rebus kembali hingga mendidih selama 10 menit.

7. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh
Rebung telah lama dipercaya sebagai bahan detoksifikasi racun yang paling ampuh. Bahkan, ekstrak rebung telah dimanfaatkan sebagai bahan penetral racun sejak zaman India kuno. Tidak hanya dapat membersihkan racun yang berasal dari lingkungan atau makanan saja, ekstrak batang tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengeluarkan racun akibat gigitan hewan berbisa.

Itulah 7 manfaat mengkonsumsi rebung bagi kesehatan yang perlu di ketahui. Semoga dapat bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)