7 Manfaat Batang Serai bagi Kesehatan Tubuh

31 Januari 2017 Artikel Kesehatan


Serai atau sereh merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Batang serai begitu khas sehingga sering juga dimanfaatkan sebagai bahan alami pengusir nyamuk. Tanaman serai biasanya ditanam oleh masyarakat sebagai tanaman obat di pekarangan rumah. Secara fisik, serai mirip dengan rumput namun memiliki ukuran yang lebih besar. Daun serai memiliki tekstur kasar dan tajam pada bagian sampingnya. Ketika daun disobek, wangi khas serai akan segera menyerebak. Bagian serai yang biasa digunakan sebagai bumbu masak adalah batangnya. Batang serai berwarna putih dan memiliki struktur yang tidak terlalu keras. Tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja, ternyata terdapat aneka manfaat dan khasiat batang Serai untuk kesehatan.

Beberapa 7 manfaat batang serai yang mungkin belum Anda ketahui:
1. Anti Kanker

Batang serai mengandung senyawa citral yang mampu membunuh sel rusak atau sel yang berkembang secara abnormal. Uniknya lagi, senyawa citral akan membiarkan sel sehat tetap hidup tanpa mempengaruhi kinerjanya.

2. Mengatasi Diabetes
Meminum teh yang terbuat dari batang serai secara teratur dapat menormalkan kembali fungsi pankreas dalam memproduksi insulin. Oleh karena itu, mengkonsumsi teh serai dapat menurunkan kadar gula darah.

3. Mengobati Anemia
Anemia merupakan penyakit yang ditandai dengan tubuh lemah, lesu dan nampak pucat. Anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam darah, yaitu zat yang bertanggung jawab dalam sintesa Hemoglobin. Batang serai disebut sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi anemia karena mengandung banyak zat besi. Oleh karena itu, mengkonsumsi wedang batang serai secara teratur lebih ampuh mengatasi anemia dibandingkan dengan konsumsi obat kimia.

4. Mengatasi Masuk Angin
Teh yang terbuat dari batang sereh dan gula merah memiliki sifat menghangatkan tubuh. Oleh karena itu, meminum teh serai dapat mengobati masuk angin, perut kembung dan gejala yang menyertainya. Selain batangnya dapat diminum sebagai wedang, daun serai juga dapat diekstrak menjadi minyak atsiri yang juga dapat menghangatkan tubuh.

5. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh
Batang tanaman ini juga dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh. Kandungan dalam batang serai mampu menetralisir racun. Sedangkan antioksidan dan Antiseptik di dalamnya akan membantu organ hati dan ginjal kembali bersih. Efek yang ditimbulkan jika Anda menggunakan batang tanaman ini sebagai media detoksifikasi adalah sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan batang serai bersifat diuritik. Adapun air seni yang keluar merupakan air seni yang bercampur luruhan racun dalam tubuh.

6. Menguatkan Sistem Saraf
Batang serai mengandung magnesium, fosfor dan folat yang berfungsi menjaga kesehatan saraf. Jika kesehatan saraf terjaga, tubuh akan lebih mudah melakukan aktivitas, mengingat sesuatu serta mengolah informasi.

7. Menurunkan Tekanan Darah
Saat diolah menjadi teh, batang serai akan menghasilkan potasium dalam jumlah besar. Potasium ini nantinya akan memicu tubuh melakukan proses diurisis, yaitu proses penurunan tekanan darah dengan cara mengeluarkan natrium melalui urine.

Itulah 7 manfaat batang serai untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)