7 Makanan yang Harus Anda Konsumsi Setiap Hari

1 Desember 2010 Artikel Kesehatan


Makanan sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu spesies. Makanan menyediakan energi dan nutrisi bagi tubuh yang kuat dan sehat. Makanan yang berbeda menyediakan jenis vitamian dan mineral yang berbeda pula. Oleh karena itu, kita perlu makan menu yang beragam untuk memiliki diet yang seimbang. Ada beberapa makanan yang tidak harus dimakan setiap hari. Namun, ada juga beberapa makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi setiap hari. Berikut adalah 7 makanan yang harus Anda konsumsi setiap hari.

1. Tomat Merah
Tomat adalah buah yang kaya akan vitamin A, C dan K. Tomat juga kaya akan lycopene, antioksidan yang membantu melindungi sel terhadap berbagai jenis kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tomat yang dimasak memberikan perlindungan kanker lebih daripada tomat mentah.

2. Wortel
Wortel selalu dijual sebagai makanan untuk mata. Wortel dijuluki seperti itu dengan sebuah alasan yang tepat: ia kaya akan beta-karoten. Beta-karoten diubah oleh tubuh menjadi Vitamin A yang kemudian diserap oleh retina. Vitamin A membantu kesehatan mata dan penglihatan. Vitamin A juga membantu meningkatkan maupun mempertahankan penglihatan di malam hari. Vitamin A membantu mencegah masalah mata. Wortel, selain baik untuk mendapatkan mata yang sehat, juga merupakan pelawan kanker.

3. Sayuran Berdaun Hijau
Jenis sayuran ini disebut sebagai salah satu makanan super alami. Sayuran berdaun hijau rendah kalori sehingga mereka dapat membantu mengelola berat badan. Sayuran hijau mengandung kadar vitamin dan mineral tinggi yang membantu melawan kanker dan penyakit jantung. Sayuran berdaun hijau juga mencegah atau mengelola diabetes.

4. Biji-Bijian
Kacang merupakan makanan yang tinggi serat namun rendah lemak. Mereka membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat. Buncis juga dapat membantu mencegah kanker dan mengelola diabetes. Kacang mengandung zat gizi lain seperti folat dan kalium.

5. Yogurt
Mengkonsumsi yogurt dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan kanker. Yogurt dengan kultur aktif yang hidup baik untuk sistem pencernaan. Kultur aktif hidup ini membantu menyeimbangkan bakteri baik dalam perut Anda, membuat penyerapan vitamin dan mineral menjadi lebih efisien.

6. Kacang-Kacangan
Kacang mengandung serat yang tinggi, protein dan antioksidan. Kacang juga merupakan sumber yang baik dari lemak tak jenuh yang baik untuk jantung. Makanlah segenggam kacang setiap hari.

7. Gandum
Butiran gandum kaya serat dan bermanfaat bagi sistem pencernaan yang sehat. Gandum ada yang memiliki gluten dan ada juga yang tidak. Jangan kuatir jika Anda tidak dapat mengkonsumsi gluten karena banyak jenis gandum yang tidak mengandung jenis protein itu. Contoh butiran gandum yang dimaksud seperti quinoa, gandum utuh dan beras merah.

Cobalah untuk memasukkan makanan sehat dalam diet harian Anda. Hal ini seharusnya menjadi suatu hal yang mudah untuk dilakukan mengingat berbagai jenis makanan ini dapat ditemukan dalam bahan makanan lokal maupun di pasar. Nikmatilah dalam hidangan yang berbeda dan pada waktu yang berbeda setiap hari.

Sumber: jawaban.com