6 Manfaat Biji Melinjo bagi Kesehatan

14 September 2018 Artikel Kesehatan


Biji melinjo banyak digunakan untuk bahan masakan berupa sayur. Selain itu, biji ini juga dikenal untuk dijadikan keripik melinjo yang lezat sebagai camilan. Biji melinjo memiliki bentuk yang lonjong dan juga berwarna coklat dengan pola garis halus di permukaannya. Biji melinjo ini memiliki rasa yang sedikit pahit dan wanginya yang unik . Namun rasa pahitnya tidak menghalangi manfaat kesehatan yang diberikan biji ini ke tubuh dan dapat membuat tubuh Anda jauh lebih sehat.

Biji melinjo mengandung cukup banyak nutrisi yang menyehatkan untuk tubuh. Diantaranya bahkan dapat mencegah serangan penyakit serius yang akan menyerang. Ada baiknya Anda mengonsumsi biji ini dalam bentuk olahan sayur agar bisa mendapatkan gizinya lengkap dengan sayur lainnya. Pengolahan yang tepat tidak akan mengurangi kandungan nutrisinya sehingga Anda tidak akan sia-sia ketika mengonsumsi biji yang satu ini.

Berikut ini 6 manfaat biji melinjo untuk kesehatan Anda:
1. Mencegah penyakit hipertensi

Biji unik yang satu ini mampu mengatasi tekanan darah Anda yang tinggi sehingga hipertensi tidak akan menyerang tubuh Anda. Dan, jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh dengan banyak olahraga agar tekanan darah Anda seimbang.

2. Mencegah penyakit anemia
Biji sehat ini juga mempunyai kandungan zat besi di dalamnya. Jadi, Anda tidak akan dengan mudah terjangkit anemia karena zat besi dapat membantu tubuh Anda untuk menghasilkan sel darah merah lebih banyak sesuai dengan kebutuhan tubuh.

3. Anti kanker
Biji melinjo mungkin berukuran kecil, namun manfaatnya untuk kesehatan cukup besar. Salah satunya yaitu mencegah penyakit kanker. Saat Anda mengkonsumsi biji melindo ini, sel kanker tidak akan dengan mudah berkembang biak dan menyebar di dalam tubuh Anda.

4. Menyehatkan jantung
Biji melinjo dapat membuat jantung Anda menjadi lebih sehat dan berfungsi dengan lebih baik untuk bekerja di dalam tubuh. Jadi, kombinasi nutrisi yang terdapat pada biji melinjo akan melindungi jantung Anda dari penyakit dan mencegahnya dari serangan penyakit jantung.

5. Mengatasi susah BAB
Susah BAB atau buang air besar merupakan tanda dari pencernaan Anda yang terganggu kesehatannya. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi biji dan kulit melinjo sekaligus. Melinjo sangat ampuh dalam melancarkan pencernaan sehingga BAB Anda akan tetap lancar dan tidak memicu infeksi.

6. Menyehatkan mata
Manfaat biji melinjo beserta dengan kulitnya akan membantu mata Anda menjadi lebih tajam dalam melihat. Saat Anda mengkonsumsi gabungan dua bagian ini, mampu menyehatkan mata dan mencegah terjadinya rabun, baik itu penyakit rabun jauh maupun rabun dekat serta penyakit katarak.

Itulah 6 manfaat biji melinjo untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)