6 Kunci Menyimpan Buah

21 Juli 2011 Artikel Kesehatan


Tak hanya akan mempertahankan kesegarannya, menyimpan buah dengan benar di kulkas juga akan menghemat uang Anda. Buah yang disimpan dengan benar akan masih bisa dimakan minimal 2 hari, bergantung pada jenis buahnya.

Bagaimana caranya? Ikuti tips di bawah ini seperti dikutip dari eHow.com:

a. Ketahui tingkat kematangan buah
Buah harus sudah matang sebelum ditempatkan dalam lemari es karena suhu yang lebih rendah memperlambat pematangan. Biarkan buah menjadi matang pada suhu kamar selama beberapa hari sebelum ditempatkan di kulkas.

b. Pisahkan buah yang rapuh
Misalkan stroberi yang mudah hancur dan cepat busuk. Maka itu, rajin-rajinlah memeriksa buah, jika sudah ada yang mulai busuk, segeralah buang sebelum dimasukkan ke kulkas.

c. Masukkan ke kantong plastik
Taruh buah seperti anggur, peach, aprikot, pir, apel, dan semua jenis beri secara terpisah dan taruh dalam kantong plastik barulah dimasukkan ke laci kulkas.

d. Biarkan beberapa buah suhu kamar
Pada beberapa buah, seperti jeruk, tomat, dan melon, pendinginan justru dapat merusak rasa dan memperpendek usianya. Simpan jauh dari sinar matahari pada suhu dingin dan makan saat matang. Dengan begitu, buah-buahan tersebut dapat bertahan sampai dua minggu.

e. Hitung waktunya
Apel dapat disimpan di lemari es sampai satu bulan, sedangkan buah beri hanya sekitar tiga hari. Adapun persik, pir, dan anggur dapat bertahan hingga lima hari di kulkas.

f. Buang buah busuk
Jika menemukan ada buah yang busuk, jangan ditunda segera buang. (Pri/OL-06)

Sumber: mediahidupsehat.com