6 Cara Menghilangkan Ketombe di Kepala

15 April 2016 Artikel Kesehatan   |    Fitrah al anshori


Ketombe adalah jamur yang tumbuh di area kepala anak-anak, remaja maupun dewasa. Banyak faktor penyebab timbulnya ketombe, seperti kulit kepala yang kurang bersih maupun kondisi kepala yang kurang sehat sehingga jamur mudah berkembangbiak. Kandungan minyak yang tinggi juga dapat menjadi penyebab hal tersebut. Ketombe bisa menyebabkan gatal dan rasa tidak nyaman di kepala Anda. Oleh karena itu ketombe harus dihilangkan.

Nah, berikut beberapa cara menghilangkan ketombe dengan mudah dan cepat:
1. Menggunakan jeruk nipis

Ambillah beberapa buah jeruk nipis kemudian potong-potong dan peraskan airnya ke bagian kepala Anda secara merata. Diamkan selama beberapa menit baru bilas menggunakan air dan shampo. Jeruk nipis ampuh dalam mengangkat jamur yang menjadi biang ketombe.

2. Lidah buaya (aloe vera)
Aloe vera atau biasa disebut tanaman lidah buaya dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe Anda. Potonglah beberapa bagian dan ambil bagian gelnya. Setelah itu oleskan secara merata ke bagian kulit kepala yang berketombe. Biarkan hingga meresap lalu keramas kepala Anda sampai bersih.

3. Menggunakan jeruk lemon
Jeruk lemon memiliki kandungan yang persis dengan jeruk dimana asamnya dapat membantu membunuh jamur yang menjadi penyebab ketombe. Ambillah air lemon tersebut lalu pijat ke bagian-bagian kulit kepala Anda. Lakukan selama beberapa kali hingga ketombe Anda menghilang seluruhnya.

4. Menggunakan cahaya matahari
Tahukah Anda bahwa orang yang berpotensi terkena penyakit ketombe disebabkan karena kebiasaan mereka yang kurang terkena cahaya matahari? Cahaya matahari tersebut membantu Anda menghilangkan dan mengurangi minyak di kepala yang merupakan makanan empuk bagi tumbuhnya jamur ketombe. Jadi banyak-banyaklah beraktivitas di bawah matahari agar ketombe menghilang dan tidak mudah tumbuh.

5. Menggunakan listerine
Listerine lebih dikenal sebagai obat penghilang bau mulut. Tetapi ternyata kandungan pembunuh kuman di dalamnya juga efektif menghilangkan jamur penyebab ketombe. Jadi listerine juga dapat direkomendasikan untuk menghilangkan ketombe Anda. Campurkan sedikit air kira-kira perbandingan air 2 dan listerine 1 supaya lebih baik.

6. Menggunakan garam
Garam berperan dalam menurunkan kadar minyak di kulit. Nah sebelum mandi cobalah Anda larutkan garam ke dalam air dan jadikan alat untuk membilas rambut. Diamkan selama beberapa menit baru Anda mandi menggunakan shampo untuk membersihkan sisa garam tersebut.

Itulah cara menghilangkan ketombe yang dapat membantu Anda agar selalu sehat terutama pada area kepala.

(Penulis adalah pengajar di bimbel SSA makassar)
Blog http://biologiuinmks.blogspot.com)