6 Cara Berhenti Merokok dengan Cepat dan Ampuh

8 Oktober 2014 Artikel Kesehatan   |    Fitrah al anshori


Merokok merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi yang melakukan hal tersebut. Merokok menjadi sesuatu yang dapat membuat ketagihan dan sulit untuk dihentikan karena rokok mengandung tar dan nikotin yang memberikan rasa ketagihan. Rata-rata perokok berat akan sakit kepalanya apabila dalam sehari ia tidak merokok walaupun hanya 1 batang saja. Nah bagaimana cara berhenti merokok? Berikut beberapa cara yang dapat dicoba untuk menghentikan kebiasaan merokok:

1. Berpindah dari pergaulan
Salah satu penyebab utama seseorang merokok ialah karena pergaulan yang salah, biasanya mereka ikut-ikutan merokok karena bergaul dengan perokok juga. Agar hal tersebut tidak terulang lagi maka berhentilah bergaul dengan perokok aktif. Carilah teman yang tidak merokok agar Anda mampu melupakan rokok sedikit demi sedikit.

2. Perbanyak aktivitas
Semakin banyak akitivitas maka Anda secara tidak sadar akan melupakan aktivitas rokok sebab banyak orang yang merokok apabila ia tidak memiliki pekerjaan di waktu itu. Semakin banyak waktu istirahat maka semakin banyak pula batang rokok yang dihisap.

3. Kurangi uang
Bila Anda bepergian ke luar rumah maka bawalah uang yang pas-pasan saja. Jangan bawa uang berlebih karena uang lebih tersebut pasti akan digunakan untuk membeli rokok. Bila tidak ada uang maka keinginan untuk merokok terpaksa ditunda.

4. Hindari kesendirian
Jangan selalu berada pada kesendirian karena Anda akan selalu memiliki keinginan untuk merokok demi menenangkan diri Anda. Carilah tempat keramaian tetapi tempat yang positif dan dilarang merokok di dalamnya.

5. Selalu sediakan permen
Permen dapat menjadi alternatif apabila keinginan untuk merokok datang. Siapkan beberapa butir permen di saku Anda kemanapun Anda bepergian. Permen juga dapat membantu menurunkan bau mulut Anda.

6. Dekat dengan orang tua
Banyak remaja yang takut merokok di hadapan orang tuanya. Nah cobalah Anda selalu berada di bawah pengawasan orang tua Anda agar ada rasa takut bila Anda bepergian membeli sebungkus rokok di warung.

Semoga artikel mengenai cara berhenti merokokini dapat membantu para perokok agar tidak terkena penyakit berbahaya lainnya.

(Penulis adalah pengajar di bimbel SSA makassar)
Blog http://biologiuinmks.blogspot.com)