5 Trik Deteksi Dini Kanker Kulit

8 Maret 2011 Artikel Kesehatan


Kanker kulit memang tergolong penyakit yang mudah dideteksi karena gejalanya yang bisa terlihat dari kulit sendiri. Maka itu, selain pergi ke dermatologi untuk pemeriksaan rutin, Anda bisa melakukan pemeriksaan sendiri:

Ikuti beberapa cara mudah berikut ini seperti dikutip dari Shine.com yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah setidaknya satu bulan sekali. Dan bila menemukan adanya sesuatu yang tak biasa, segera temui dokter Anda:

1) Berdiri di samping cermin pada ruangan yang cukup terang. Jauhkan tubuh dari cermin sehingga Anda bisa melihat keseluruhan bagian tubuh Anda, termasuk yang sulit dilihat seperti punggung dan leher.

2) Lihatlah mulai dari ujung kaki Anda lalu perlahan-lahan periksa ke atas mulai dari betis, punggung, lengan hingga leher. Perhatikan apakah ada tanda atau noda pada kulit.

3) Perhatikan adanya asimetri (satu sisi tidak cocok dengan yang lain), permukaaan kulit yang tidak mulus, adanya warna kecokelatan, atau tahi lalat yang diameternya terasa semakin membesar.

4) Catat semua rincian gejala yang Anda temukan, bahkan yang paling kecil, supaya memudahkan analisis dermatolog Anda.

5) Jangan lupakan kuku Anda, kulit di sekitar alat kelamin, dan kulit kepala. Untuk kulit kepala, Anda bisa menggunakan pengering rambut untuk mendeteksi adanya noda.

Sumber: mediaindonesia.com