5 Tips Konsumsi Mie Instan Agar Lebih Sehat

20 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Sudah menjadi kebiasan dan makanan sehari-hari bagi warga Indonesia, mie instan merupakan makanan alternatif bagi kebanyakan masyarakat Indonesia karena terbilang praktis dan tentunya nikmat disantap selagi hangat.

Saat ini banyak sekali varian rasa yang telah diproduksi berbagai macam perusahaan mie instan di Indonesia. Menilik dari segi kesehatan, makanan yang sifatnya instan sebenarnya tidak baik dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Kandungan natrium dan MSG pada bumbu mie instan inilah yang terkadang membuat khawatir para penikmat mie instan. Namun, sebenarnya mie instan tidak berbahaya jika Anda bijak mengomsumsinya. Simak tips berikut bagaimana cara mengkonsumsi mie instan jadi lebih sehat!

Kematangan Mie Instan

Tak jarang kebanyakan orang mengkonsumsi mie instan dengan hanya meremukan selagi mentah dan menaburkan bumbunya lalu dikonsumsi. Hal itu sangatlah tidak dianjurkan karena akan mengganggu proses pencernaan Anda. Pastikan Anda menyajikan mie sesuai petunjuk dan memasak dengan tingkat kematangan yang sempurna.

Kurangi Penggunaan Bumbu Pada Mie Instan

Bumbu merupakan inti dari rasa mie instan itu sendiri. Tidak bisa dihindari, garam dan MSG merupakan komposisi yang membuat khawatir sebagian orang apabila dikonsumsi terlalu banyak. Maka dari itu, kurangi sedikit penggunaan bumbu pada mie instan dengan menggunakannya hanya setengah saja atau tidak pakai sama sekali. Buatlah bumbu racikan sendiri dengan campuran garam, gula, bawang putih yang dihaluskan, merica, kecap, saus dan bahan yang lainnya.

Tambahkan Topping Daging, Sayur atau Telur

Meskipun praktis, mie instan saja tidak cukup untuk memenuhi asupan nutrisi dan protein pada tubuh. Anda bisa menambahkan bahan makanan lain yang alami namun tetap enak jika dimakan bersama mie instan. Bahan-bahan yang bisa Anda campur adalah sayur seperti sawi, tomat, wortel dan sebagainya. Untuk protein, Anda bisa mencampur telur, daging sapi cincang, udang atau daging ayam.

Batasi Jumlah Konsumsi

Anda semua tahu bahwa mengkonsumsi mie instan dalam jumlah banyak sangatlah tidak dianjurkan. Sebisa mungkin tetapkan berapa kali Anda makan mie instan dalam satu bulan. Meskipun praktis dan mengeyangkan, mengkonsumsinya terlalu sering akan menjadi bumerang bagi kesehatan Anda.

Hindari Menggunakan Nasi pada Mie Instan

Kebiasaan kurang sehat yang dilakukan orang Indonesia adalah mengkonsumsi mie instan dengan mencampurkan nasi. Sebaiknya hindari hal tersebut. Mie instan sudah memiliki banyak kalori dan karbohidrat, mencampurnya dengan nasi hanya akan membuat tubuh memiliki kadar gula yang lebih tinggi.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)