5 Tips Hindari Buang Air Kecil yang Berlebih

30 Maret 2015 Artikel Kesehatan


Apakah Anda pernah terdorong buang air kecil secara tiba - tiba di tengah malam? Hal itu bukan hanya disebabkan karena Anda terlalu banyak minum sebelum tidur, tapi juga karena gen dalam tubuh kita. Keinginan buang air kecil yang berlebih memang bukan hal yang mengkhawatirkan, namun pastinya mengganggu kenyamanan Anda. Dorongan buang air kecil tengah malam juga membuat kualitas tidur menjadi buruk.

Nah, untuk mengatasi keinginan buang air yang berlebih, ikuti beberapa tips berikut:

1. Kurangi minum sebelum tidur
Ketika menjelang tidur hindari minum yang berlebihan. Hindari minuman yang bersifat diuretic seperti teh, kopi, dan minuman ringan. Sebaiknya minum 4 jam sebelum waktu tidur.

2. Kurangi makanan yang mengandung garam
Batasi menu makanan yang mengandung banyak kandungan garam pada menu makan malam. Makanan seperti kecap, ikan asin, makanan kaleng memiliki kandungan garam yang tinggi yang menyebabkan tubuh menyimpan banyak cairan. Akibatnya produksi urine akan meningkat.

3. Mengurangi pembengkakan kaki
Dengan mengurangi pembengkakan pada kaki, keinginan buang air kecil di malam hari dapat dihindari. Caranya, Anda dapat mengangkat kaki yang bengkak tersebut sampai setinggi jantung. Lakukan 2 jam sebelum pergi tidur. Jaringan-jaringan yang membengkak mengandung banyak cairan yang akan dialirkan ke ginjal untuk diproses menjadi urine. Dengan menyingkirkan cairan tersebut dapat mencegah hasrat untuk buang air kecil.

4. Reset jam biologis
Jam biologis atau waktu bangun tidur setiap orang berbeda. Siklus bangun tidur inilah yang menentukan dorongan buang air kecil yang dilakukan setiap hari. Jika tiba-tiba harus bekerja sampai larut malam, jam biologis harus disesuaikan. Untuk mengatur ulang, Anda bisa puasa selama 12 sampai 16 jam sebelum waktu begadang tiba. Waktu buka puasa inilah yang diisyaratkan sebagai pagi hari.

5. Olahraga

Olahraga yang rutin dapat membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Karena ritme sikardian dalam tubuh dapat diatasi dengan baik. Selain itu, olahraga juga baik untuk menjaga berat badan. Berat badan yang berlebih atau obesitas dapat memicu tidur kurang nyenyak atau sleep apnea.

Walaupun cukup menggagu, sebaiknya segera ke kamar mandi saat merasa ingin buang air kecil. Menahan buang air kecil dapat menimbulkan penyakit serius.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)