5 Tips Atasi Rasa Kepedasan di Lidah

19 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Indonesia memang dikenal dengan makanan yang beragam cita rasa serta bumbu rempah-rempah pada setiap makanan nusantara. Tak terkecuali makanan pedas. Bagi para pecinta makanan pedas, pasti sering mengalami hal yang namanya sensasi lidah terbakar karena pedasnya makanan yang disantap.

Makanan seperti bakso dengan saus sambal pedas, rujak dengan bumbu kacang pedas, atau mi goreng yang diberi irisan cabai rawit, hingga sambal terasi penggungah selera sering kali kita santap. Memang sih, makanan pedas sering dikaitkan dengan penambah nafsu makan seseorang. Namun, kalau terlalu banyak mengkonsumsinya, pastinya lidah Anda akan terasa seperti terbakar dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Lalu, tahukah Anda bahwa untuk meredakan sensasi terbakar di lidah karena kepedasan, sebaiknya kita tak minum air putih? Dilansir dari medicaldaily.com, ada sejumlah cara ampuh yang bisa Anda pilih untuk bisa menghilangkan rasa pedas di lidah.

Apa sajakah itu?

Mengunyah Sepotong Roti

Rasa pedas di lidah tak kunjung hilang? kunyahlah sepotong roti. Roti ini bisa menyerap minyak kapsain yang membuat lidah terasa terbakar karena kepedasan. Nasi juga bisa digunakan sebagai alternatif lain dari roti, tapi kemampuannya untuk meredakan rasa pedas tidak seampuh roti.

Makan Kerupuk

Ada lagi tips mudah untuk mengatasi rasa pedas adalah dengan makan kerupuk. Kandungan minyak dalam kerupuk bisa meredakan sensasi terbakar di lidah karena kepedasan.

Minum Segelas Susu

Kasein, protein dalam susu, menurut American Chemical Society bisa memecah ikatan kapsain (yang terkandung dalam cabai) dalam saraf reseptor. Sehingga dengan minum susu, rasa pedas di lidah bisa berkurang. Inilah sebaiknya jika Anda memesan makanan pedas di restauran, pilihlah minuman yang mengandung susu untuk meredakan rasa pedas di lidah.

Makan Es Krim

Selain susu, Anda yang kepedasan juga sebaiknya cepat-cepat menikmati es krim. Sebab es krim setidaknya bisa mendinginkan mulut yang terasa terbakar. Kalau tidak suka es krim, Anda juga bisa menyantap yogurt demi menghilangkan rasa pedas.

Makan Gula

Gula bisa menetralkan rasa pedas di lidah. Saat kita kepedasan, kita bisa langsung mengatasinya dengan makan 1 sdt gula pasir. Gula pasir ini bisa menyerap minyak pedas dan menghadirkan sensasi rasa yang berbeda di lidah. Selain gula, alternatif lainnya adalah dengan madu. Namun, jangan terlalu berlebihan pula, karena konsumsi gula dalam jumlah banyak juga tidak bagus untuk tubuh.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)