5 Tanda Anda Butuh Istirahat

26 September 2019 Artikel Kesehatan


Tahukah Anda bahwa stres bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan dan terkadang mempengaruhi kondisi fisik? Saat tanda-tanda stres sudah mulai Anda rasakan, upayakan untuk segera meluangkan waktu untuk beristirahat atau merilekskan pikiran Anda. Demi kesehatan dan kestabilan fisik serta mental Anda, jangan sampai stres atau depresi yang Anda rasakan semakin parah dan malah menimbulkan penyakit yang lebih serius.

Berikut tanda-tanda Anda butuh istirahat:
1. Gampang lupa

Lupa akan janji yang sudah dibuat. Atau tiba-tiba lupa menaruh kunci, padahal baru saja dipegang. Saat Anda jadi semakin mudah lupa, itu tandanya tubuh Anda sedang mengalami stres. Stres dapat mempengaruhi kemampuan kita untuk mendapatkan kembali informasi dari area tertentu di otak kita. Sementara itu tubuh kita akan melepaskan sejumlah hormon yang berperan untuk mengatasi stres, biasanya kortisol yang ternyata dapat berdampak buruk terhadap kemampuan kita untuk mencerna pesan atau mengingat. Selain itu, saat stres, glukosa dan energi dalam tubuh dialihkan ke area lain di otak untuk mengatasi stres. Sehingga fungsi di sejumlah bagian otak lain pun, seperti kemampuan untuk mengingat, akan berkurang

2. Membuat kesalahan
Apakah Anda seringkali membuat kesalahan-kesalahan kecil yang sebenarnya sangat sepele? Misalnya saja Anda berulang kali salah ketik atau Anda sering salah mengirim email. Ketika Anda bekerja terlalu keras dan berlebihan, otak Anda akan kelelahan dan semakin sulit untuk mengontrol hal-hal lainnya.

3. Flu yang terus menerus
Stres bisa membuat kita merasa tidak bertenaga dan lemah. Akibatnya tubuh kita menjadi semakin kesulitan untuk menjaga kesehatan dari dalam. Saat stres, kadar hormon kortisol bisa terganggu sehingga kekebalan tubuh menurun dan kemampuan alami tubuh untuk melawan bakteri dan virus juga semakin menurun. Itulah kenapa kita bisa sakit flu terus menerus ketika stres. Apabila Anda mengalami sakit flu berturut-turut, coba perhatikan lagi apakah akhir-akhir ini Anda merasa stres berat. Mungkin dengan sedikit meluangkan waktu untuk berlibur atau bersantai, Anda bisa kembali sehat dan fit.

4. Otot kaku
Selain postur tubuh yang salah ketika duduk, penyebab otot kaku bisa bisa disebabkan oleh stres yang Anda alami. Ketika kita merasa cemas, tubuh kita akan memberikan respon alami menegangkan otot-otot tubuh khususnya di area leher, punggung, dan bahu. Hal ini bisa terjadi tanpa kita sadari. Itulah kenapa ketika kita merasa stres atau cemas, otot-otot bisa menegang kaku dan bahkan bisa terasa sakit sekali. Ada baiknya untuk melakukan olahraga secara rutin untuk mengatasi stres dan mengurangi kekakuan otot.

5. Mimpi buruk
Stres terkadang bisa membuat kita mengalami susah tidur di malam hari atau insomnia. Dan ternyata stres juga bisa membuat kita bermimpi buruk. Kenapa bisa begitu? Rupanya mimpi bisa menjadi sebuah medium pikiran kita untuk memproses apa yang telah terjadi di hari-hari kita.

Bekerja setiap hari memang baik dan bisa membuat Anda untuk tetap produktif. Tapi jangan lupa untuk mengambil waktu istirahat dan berlibur. Dengan begitu, hidup akan terasa lebih ringan dan seimbang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)