5 Penyebab Sulit Langsing

10 Juni 2011 Artikel Kesehatan


Walau sudah berupaya semaksimal mungkin, tetap saja kita melihat angka yang tak berbeda jauh dari hari ke hari saat menimbang berat badan. Kita pun bertanya-tanya, apa yang salah dari program diet kita selama ini?

Namun, jangan keburu frustasi dan langsung menyerah. Untuk mengetahui penyebabnya, ahli gizi Elisa Zied mengutarakan 5 alasan utama mengapa kita cenderung terjebak pada berat badan yang sama saat menurunkan berat badan.

1. Kurang gerak
Meski sibuk pergi ke gym, ada banyak waktu kosong dalam keseharian Anda. Jangan berpikir tugas Anda telah rampung hanya karena telah menaiki treadmill selama 1 jam. Untuk membakar kalori secara maksimal, ada baiknya bergerak sepanjang hari, meski pergerakan sederhana. Terlalu banyak waktu kosong bisa memudahkan Anda tergoda makanan.

2. Makan terlalu banyak
Bila makan di luar seperti makan di restoran, kemungkinan mengonsumsi kalori lebih banyak tentunya juga lebih besar.

3. Makan sambil berdiri
Mungkin Anda tanpa sadar melakukannya seperti saat dalam perjalanan atau bekerja di meja. Makan sembari berdiri membuat Anda kurang fokus pada makanan sehingga pikiran menjadi kosong. Ini dapat menyebabkan asupan kalori lebih banyak daripada yang direncanakan dan membuat kita merasa kurang puas setelah makan.

4. Terlalu sering ngemil
Memang bagus untuk mengonsumsi camilan sehingga Anda merasa kelaparan sepanjang hari. Tetapi jika makan hanya untuk mengisi waktu, bukan karena benar-benar lapar, Anda akan cenderung mengonsumsi makanan dengan kalori kalori lebih banyak

5. Tak tahu berapa banyak makanan yang dimakan
Anda mungkin berpikir telah membatasi jumlah kalori dengan memilih makanan. Namun, pada kenyataannya mungkin Anda justru tak tahu berapa banyak kalori yang telah dimakan. Dibutuhkan pembakaran 500 kalori per hari dari pengurangan makan dan peningkatan aktivitas fisik untuk menghilangkan 0,45 lemak setiap minggunya.

Sumber: mediaindonesia.com