5 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan dan Kecantikan

24 April 2017 Artikel Kesehatan


Tidak ada istirahat yang paling baik selain tidur memang benar, setelah aktifitas seharian berkutat dengan berbagai pekerjaan yang menguras tenaga serta menuntut konsentrasi tinggi akan membuat Anda lelah dan stress, mengistirahatkan badan dengan tidur siang bisa menjadi solusi jitu untuk mengatasi stress dan lelah. Perlu Anda ketahui ternyata banyak sekali manfaat tidur siang untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut 5 manfaat tidur siang untuk kesehatan dan kecantikan:
1. Menjaga Keremajaan Kulit

Tidur siang yang cukup mampu menjaga kesehatan kulit dan keremajaan kulit. Saat orang mengalami stress dan lelah namun tetap memaksakan bekerja hal ini akan berdampak kurang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Stress bisa membuat kulit cepat keriput. Tidur siang yang cukup akan mengurangi stress dan lelah, dengan begitu kulitmu akan tetap terjaga dan terlihat awet muda.

2. Meningkatkan Daya Ingat
Selain mejaga keremajaan kulit tidur siang juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya ingat. Memaksakan otak terus bekerja akan berdampak kurang baik untuk memori otak, dengan mengistirahatkan sejenak otak akan kembali lebih segar dan siap bekerja kembali.

3. Meningkatkan Mood
Saat seseorang mengalami stress maka mood nya pun akan hilang, semangat menurun, mudah marah, malas dan kewalahan. Hal ini tentu berdampak pada pekerjaan Anda, jika Anda memaksakan terus bekerja hasilnya pun akan kurang maksimal. Nah tidur siang mampu untuk mengembalikan mood dan semangat Anda.

4. Meningkatkan Kreativitas
Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat tidur siang juga bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas.

5. Kesehatan Tubuh Terjaga
Kurang tidur dapat menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh. Kelebihan kortisol dapat melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh. Dengan tidur yang cukup akan mencegah kelebihan hormon kortisol.

Namun, perlu Anda ketahui juga, tidak ada sesuatu yang baik bila dilakukan dengan berlebihan begitupun dengan tidur siang. Tidur siang yang cukup 30-60 menit, karena yang terpenting bukan seberapa lama Anda tidur tapi bagaimana kualitas tidur Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)