5 Manfaat Sehat dari Kacang-Kacangan untuk Tubuh

12 April 2016 Artikel Kesehatan


Tanpa disadari kacang sangat bermanfaat bagi tubuh, karena kacang mengandung banyak gizi didalamnya dan juga rendak kalori. Oleh karena itu, dianjurkan kita harus banyak mengkonsumsi kacang-kacangan. Misalnya kacang polong dapat memenuhi vitamin dan mineral, kacang kedelai dan merah berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut manfaat kesehatan yang dimiliki kacang-kacangan:
1. Sumber energi bagi tubuh

Saat Anda merasa lelah karena beraktifitas, kacang-kacangan bisa menjadi salah satu sumber energi yang bermanfaat untuk memulihkan tubuh dari kelelahan. Kandungan mineral dan antioksidan didalam kacang dapat digunakan menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh, selain itu ternyata kacang-kacangan sangat baik juga untuk menurunkan berat badan.

2. Mengandung sumber vitamin B
Memang tumbuhan yang satu ini sangat banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya kandungan vitamin B pada kacang dapat menjaga kesehatan sel-sel otak yang dapat meningkatkan konsentrasi. Tidak hanya itu, vitamin B juga bermanfaat bagi pencernaan,dan juga bisa membuat kulit halus dan cerah.

3. Menstabilkan kadar gula darah
Bagi penderita diabetes, kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi karena manfaatnya untuk menjaga dan menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu kacang-kacangan mengandung cukup tinggi mangan sehingga dapat bermanfaat untuk membantu penyerapan lemak serta kalsium.

4. Sumber kalsium
Kacang mengandung kalsium yang banyak sehingga sangat baik untuk dikonsumsi, hal ini berfungsi untuk menjaga kesehatan kandungan otot, tulang, dan gigi. Itulah alasan kenapa para wanita harus mengkonsumsi kacang, karena bisa mencegah penyakit arthritis atau radang sendi yang biasa terjadi pada wanita.

5. Kacang mengandung sumber kalium
Kacang juga sangat kaya akan kalium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebuah riset kesehatan menyatakan bahwa kalsium yang terkandung didalam kacang dapat mengurangi resiko penyakit stroke sampai 20 %, tidak hanya itu saja, kalsium juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang menjadi penyebab penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat yang dihasilkan dengan mengkonsumsi kacang-kacangan. Jadi mulai sekarang Anda bisa sering-sering mengkonsumsi kacang-kacangan agar mendapatkan beragam manfaatnya bagi kesehatan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)