5 Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

1 April 2018 Artikel Kesehatan


Olahraga adalah aktivitas seseorang untuk melatih tubuh entah itu jasmani atau rohani di mana orang yang melakukan olah raga secara teratur akan mendapatkan manfaat yang berlimpah seperti tubuh menjadi bugar dan segar, tubuh menjadi seimbang antara berat badan dan tinggi badan, badan menjadi atletis dimana kita akan menunjang juga dengan rasa percaya diri di dalam hati menjadi berlipat dikarenakan badan menjadi atletis dan seimbang.

Olahraga secara teratur disarankan bagi semua orang untuk menjaga kesehatan. Berolahraga tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan fisik tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Apa manfaat olahraga secara rutin bagi kesehatan mental? Berikut beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental.

1. Mengurangi Stres
Melakukan gerak badan secara rutin dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan mental. Olahraga merupakan salah satu metode yang dianjurkan dokter dalam penanganan stress (stress management).

2. Meningkatkan Mood
Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan mood sehingga membuat orang cenderung memiliki emosi yang lebih stabil dan lebih siap menghadapi tekanan mental. Olahraga diketahui bisa meningkatkan aktivitas hormon serotonin dan endorphine yang dikenal sebagai hormon yang mempengaruhi mood.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur
Berolahraga secara teratur dapat mempengaruhi kualitas tidur. Tidur yang nyenyak dan dalam durasi yang cukup akan menjamin tubuh mendapatkan relaksasi syaraf secara maksimal. Tidur yang berkualitas akan meningkatkan kesegaran tubuh dan ketahanan mental .

4. Menambah Percaya Diri
Rutin melakukan gerak badan dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan membentuk postur yang lebih ramping dan berisi. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri. Tidak jarang orang memiliki motivasi lebih besar untuk berolahraga karena ingin memiliki postur dan berat badan yang ideal.

5. Meningkatkan Kemampuan Otak
Rajin berolahraga juga bermanfaat bagi kemampuan otak untuk belajar, berkonsentrasi, dan mengingat. Suplai nutrisi dan oksigen yang lancar ke otak akan meningkatkan kemampuan otak. Rajin berolahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak.

Olah raga tidak hanya sekedar membina fisik saja, namun juga dapat bermanfaat dalam membina rohani dan membentuk mental kepemimpinan yang berdisiplin tinggi. Jadi mulai sekarang luangkanlah waktu Anda untuk berolahraga .

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)