5 Manfaat Luar Biasa Daun Pisang yang Belum Anda Ketahui

14 Januari 2019 Artikel Kesehatan


Pohon pisang merupakan tumbuhan tropis yang bisa mudah kita temui di Indonesia. Selain buahnya, banyak bagian dari pohon pisang juga bisa dimanfaatkan dan memiliki khasiat yang tak kalah hebat. Salah satunya ialah daunnya.

Apa saja sih manfaat dari daun pisang? Simak beberapa manfaat daun pisang yang belum Anda ketahui.

Obat radang dan iritasi alami

Daun pisang bagi sebagian orang hanya dianggap sebagai limbah yang tidak ada gunanya, namun ternyata daun pisang bisa dijadikan sebagai obat radangdan iritasi alami. Hal ini biasa terjadi pada kulit bayi yang sangat sensitif. Untuk mengatasinya, daun pisang yang dihaluskan adalah pilihan salep alami yang efektif.

Allantoin

Allantoin membantu penyembuhan lebih cepat, membunuh kuman dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Meredakan gigitan serangga

Jika Anda terkena gigitan serangga, gunakanlah daun pisang sebagai pereda alami. Kandungan yang hebat pada daun pisang seringkali digunakan masyarakat zaman dulu untuk mengobati luka gigitan serangga.

Mengatasi mimisan

Tidak hanya daun sirih, jika Anda hanya memiliki daun pisang, gunakan daun pisang untuk mengatasi mimisan. Daun pisang secara ajaib akan membantu menghentikan perdarahan.

Obat Alami Pereda Demam

Tidak kalah hebat, daun pisang juga berperan sebagai obat alamiah penghilang demam. Jenis daun pisang yang digunakan biasanya adalah daun pisang yang masih muda (pupus). Kandungan polifenol dalam daun pisang memiliki manfaat sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh sehingga mampu menurunkan suhu tubuh orang yang sakit.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)