5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapat dari Petai!

29 September 2019 Artikel Kesehatan


Petai atau yang umum disebuat pete cukup digemari oelh banyak orang. Walau sebagian orang menilai petai sebagai makanan kampung dan baunya yang tidak sedap, jenis sayur yang satu ini tetap disukai, apalagi dimakan dengan sambal dan nasi hangat.

Apakah Anda penggemar pentai? Jika ya, berarti Anda telah mendapatkan beberapa manfaat kesehatan dari petai. Apa saja manfaat tersebut?

Mengurangi risiko anemia

Dengan kandungan zat besi yang tinggi, petai bisa merangsang produksi sel darah merah serta menolong jika berlangsung anemia.

Menghindari PMS (Pre Menstrual Syndrome)

Saat menjelang menstruasi terkadang tubuh terasa tidak enak badan. Punggung sakit, pusing, atau nyeri perut sering dialami sebelum menstruasi dan tentunya sangat mengganggu aktivitas. Daripada mengonsumsi obat - obat kimia, Anda bisa gunakan obat alami seperti petai. Dalam petai mengandung vitamin B6 yang dapat mengatur kadar gula darah sehingga suasana hati lebih tenang dan membuat tubuh lebih segar.

Manfaat buah pete untuk hindari kegemukan

Penelitian di Institut of Psychology, Austria mengungkapkan bahwa umumnya orang jadi gemuk dikarenakan tekanan kerja yang tinggi disebabkan mengemil keripik atau cokelat di saat waktu kerja banyak. Laporan menyimpulkan bahwa untuk hindari nafsu ngemil ini, kita perlu mengendalikan kandungan gula di dalam darah dengan ngemil makanan tingggi karbohidrat, seperti petai. Konsumsi petai tiap dua jam sekali untuk menjaga kadar gula dalam tubuh.

Meningkatkan Konsentrasi

Konsumsi petai ternyata bisa meningkatkan konsentrasi otak. Petai mengandung vitamin A yang cukup tinggi, sekitar 200 IU per 100 mg. Vitamin A adalah bahan yang baik untuk menjaga kesehatan kornea mata dan menjaga kesehatan otak. Selain vitamin A, kalium dalam petai juga bisa menjaga konsentrasi Anda.

Obat awet muda

Sebuah penelitian mengungkapkan petai bisa menjadi obat awet muda terkait kandungan proteinnya yang tinggi dan dapat meregenerasi kulit. Tahukah Anda bahwa petai Indonesia telah diekspor ke Jepang untuk dijadikan bahan kosmetik?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)