5 Manfaat Asam Jawa bagi Kesehatan Tubuh

18 April 2016 Artikel Kesehatan


Asam jawa atau nama ilmiahnya Tamarindus indica merupakan tanaman yang biasa di gunakan sebagai bumbu masakan Indonesia. Umumnya digunakan untuk memberi rasa asam pada makanan khas Indonesia, seperti sayur asam dan pempek. Kenyataannya asam jawa tidak hanya digunakan sebagai pelengkap rasa masakan saja. Jadi, pohon asam jawa yang dimanfaatkan adalah daun dan buahnya yang bisa digunakan untuk obat herbal alami yang bisa mengobati berbagai penyakit.

Berikut beberapa manfaat asam jawa yang baik untuk kesehatan:
1. Mengobati disentri

Disentri merupakan penyakit yang menyerang usus kita. Gejala penyakit ini ditandai dengan perut terasa mulas, BAB di sertai darah dan lendir. Penyakit ini disebabkan oleh perkembangan bakteri dan amoeba. Dengan ramuan tradisional asam jawa penyakit ini bisa di sembuhkan. Caranya: Tumbuklah sampai halus 10 gram kunyit, temulawak 10 gram dan asam jawa 5 gram. Campurkan dengan air panas dan saring airnya, lalu tambahkan dengan madu satu sendok dan ramuannya siap diminum.

2. Obat penyakit difteri
Penyakit yang satu ini menyerang saluran pernafasan yang di sebabkan oleh bakteri corynebacterium diphtheria. Ditandai dengan panas tinggi, sakit tenggorokan, sulit bernafas serta sulit menelan makanan. Caranya: Sediakan 5 gram kencur, 5 gram bawang merah, 5 gram lobak dan 10 gram daun pepaya. Tumbuk semuanya bersama asam jawa, kemudian seduh dengan air panas. Ramuan ini digunakan untuk kumur-kumur, lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Menurunkan kolesterol
Asam jawa mempunyai manfaat yang sangat penting untuk orang tua karena bisa menurunkan kolesterol. Kolesterol bisa di kurangi kadarnya dengan ramuan asam jawa. Caranya: Tumbuk halus 200 gram asam jawa lalu tuangkan 200 ml air panas dan saring airnya. Setelah itu diminum sebanyak 3 kali sehari.

4. Mengatasi darah rendah
Tekanan darah rendah merupakan keadaan sebaliknya dari hipertensi, dikenal juga dengan nama hipotensi. Keadaan ini berbeda dengan anemia atau kurang darah. Untuk mengatasinya, pakailah ramuan tradisional asam jawa berikut ini. Bahanya yaitu 5 gram asam jawa, 250 gram daun bayam, 10 gram gula aren, 50 gram bawang merah, 15 gram cabai rawit, dan juga garam dapur secukupnya.

5. Mengobati keputihan
Penyakit ini umumnya menyerang daerah kewanitaan. Caranya: Ambil asam jawa sebesar kelereng, 25 helai daun beluntas, gula aren dan 5 cm kunyit rimpang. Haluskan daun beluntas dan kunyit, seduh dengan setengah gelas air panas. Lalu campurkan asam jawa dan gula aren dan aduk rata. Saring airnya dan minum setiap malam.

Itulah manfaat sehat dari asam jawa yang sudah terbukti. Jadi, jangan sia-siakan lagi manfaat dari tanaman yang satu ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)