5 Makanan dan Minuman Pencegah Kantuk Selain Kopi

12 November 2014 Artikel Kesehatan


Memang rasa kantuk sering melanda disaat yang tidak kita inginkan. Hal ini menjadi pengganggu dikala kesibukan aktivitas harian Anda. Biasanya Anda lebih mengenal kopi untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut. Menyeduhnya lalu kemudian merasakan aroma kopi memang menjadi salah satu pengobat rasa kantuk yang melanda. Namun dengan mengkonsumsinya terus menerus akan berbahaya bagi tubuh karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein.

Masih banyak makanan atau minuman yang dapat mengusir rasa kantuk tersebut. Dengan ini bagi Anda yang kurang begitu suka dengan kopi dapat mengkonsumsinya sebagai pengusir kantuk.

Makanan Pedas

Sudah tidak heran lagi makanan pedas memang membuat kita ‘melotot’ dan menjadi semangat kembali . Apalagi mengkonsumsinya selagi hangat. Dengan suhu hangat, maka secara otomatis syaraf-syaraf pada otak yang mengalami kelelahan menjadi fokus kembali dan tidak mengantuk lagi.

Makanan / Minuman Asam

Memakan makanan yang asam juga sama halnya seperti makanan pedas. Makanan yang mengandung lemon, atau minuman jeruk dapat membantu Anda mendapatkan vitamin C serta membuat ‘melek’ karena sensasi rasa asam di lidah dan kemudian membuat anda tidak mengantuk lagi.

Teh Hangat

Teh hangat juga mampu membantu anda fokus kembali dengan meminumnya selagi hangat. Suhu hangat pada teh dapat merangsang syaraf-syaraf otak kembali tenang dan Anda bisa kembali bekerja kembali.

Buah Melon dan Apel

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa dengan mengkonsumsi apel dan melon bisa membantu Anda mencegah kantuk. Mengkonsumsinya selagi manis dan segar mampu membuat Anda segar kembali. Dengan mengkonsumsi kedua buah tersebut juga menyehatkan untuk tubuh dan bagus untuk yang sedang menjalani program diet.

Air Putih

Air putih merupakan unsur terpenting di dalam tubuh Anda. Biasanya rasa letih dapat diakibatkan tubuh kekurangan mineral. Dengan meminumnya minimal 8 gelas perhari akan menyegarkan kembali kondisi tubuh Anda.

Nah, jadi bagi Anda yang tidak terlalu suka kopi, bisa menggunakan makanan/minuman alternatif lain yang berfungsi untuk pencegah kantuk.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)