5 Langkah Menuju Kulit Sehat

10 Desember 2010 Artikel Kesehatan


Kesibukan Anda mungkin membuat Anda tidak punya waktu untuk memanjakan kulit dengan perawatan. Kulit Anda tidak lagi selembut seperti ketika Anda masih bayi.

Berikut ini adalah perawatan kulit yang sederhana, yang akan membantu Anda melindungi kulit Anda dan membuatnya sehat dan berkilau selama tahun-tahun ke depan.

1. Lindungi diri Anda dari sinar ultraviolet. Cara terbaik merawat kulit Anda adalah dengan melindunginya dari matahari yang menyebabkan kerutan, kering, kulit kasar, bintik-bintik hitam, dan efek samping serius lainnya, seperti tumor kulit. hindari intensitas sinar matahari pukul 10 pagi - 4 sore, atau lidungi kulit Anda dengan baju lengan panjang dan topi.

Anda juga bisa menggunakan krim pelindung matahari. Caranya,oleskan krim pelindung matahari 20 menit sebelum Anda keluar rumah dan ulangi setiap dua jam, setelah banyak berkeringat atau setelah berada di dalam air.

2. Jangan Merokok, karena dapat mempercepat proses penuaan kulit dan menyebabkan keriput. Dalam situs yahoohelath.com mengatakan, merokok dapat mempersempit pembuluh darah lapisan kulit terluar kita, menurunkan aliran darah, menghabiskan persediaan oksigen dan nutrisi pada kulit, seperti vitamin A, yang penting untuk kesehatan kulit.

3. Cucilah kulit Anda secara teratur. Gunakan air hangat dan batasi waktu mandi. Air panas dan mandi yang terlalu lama akan menghilangkan minyak dari kulit Anda. Oleh sebab itu, batasi waktu mandi hingga sekitar 15 menit atau kurang, dan gunakan air hangat lebih baik daripada air panas. Hindari sabun keras, karena dapat menghilangkan minyak dari kulit Anda, membuat kulit Anda menjadi kering

4. Berikan pelembab secara teratur. Pelembab dapat membantu menjaga tingkat kelembaban alami kulit Anda. Pelembab bekerja sebagai segel bagi kulit Anda untuk tetap menjaga kadar air. Cara terbaik menguji apakah Anda membutuhkan pelembab adalah dengan menunggu 20 menit setelah mandi. Pilihlah pelembab dengan Sun Protection Factor (SPF) paling tidak 15 untuk membantu kulit Anda dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

5. Hati-hatilah ketika bercukur. karena bercukur merupakan cara yang biasa untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan. Tetapi bercukur dapat menyebabkan kulit iritasi, khususnya jika kulit Anda tipis, kering, atau sangat sensitif.

Untuk cara bercukur yang halus: taruh handuk atau pakaian yang sudah direndam air hangat pada kulit sebelum bercukur, atau bercukurlah setelah mandi air hangat. Jangan mencukur kulit yang kering, karena dapat menyebabkan luka. Gunakan shaving cream, lotion, atau gel sebelum bercukur untuk melindungi dan meminyaki kulit.

Gunakan pisau cukur yang bersih dan tajam. Bercukurlah searah dengan pertumbuhan rambut, jangan berlawanan dengannya. Bersihkan kulit Anda setelahnya dengan air hangat. Jika terjadi iritasi, gunakan lotion yang tidak mengandung alkohol. Walaupun alkohol dan produk dengan bahan dasar alkohol dapat membuat Anda merasa segar, itu semua tidak benar-benar memperbaiki kulit yang teriritasi sebab alkohol dapat menguap dengan cepat dari kulit.

Sumber: mediaindonesia.com