5 Kebiasaan Sehat yang Bisa Merusak Gigi

15 April 2019 Artikel Kesehatan


Menjaga kesehatan gigi memang harus konsisten dan teratur agar tidak mudah berlubang. Seperti yang kita ketahui gigi berlubang sangat menganggu karena selain sulit dalam menggunyah makan, gigi yang berlubang juga bisa menimbulkan rasa sakit. Nah, selain harus rutin membersihkan gigi sebaiknya kita juga harus menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan gigi karena memiliki gigi yang putih, bersih dan sehat bisa menambah rasa percaya diri. Namun mungkin Anda akan terkejut karena sebenarnya beberapa makanan dan minuman sehat pun juga bisa berakibat buruk untuk gigi. Secara mengejutkan, ada beberapa makanan yang sebenarnya sehat ternyata bisa merusak gigi, dan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengunyah permen karet
Banyak yang bilang mengunyah permen karet akan membersihkan gigi. Namun kebanyakan permen karet justru mengandung sorbitol atau gula buatan yang bisa merusak gigi, membuat gigi berlubang dan bahkan kegemukan. Jadi untuk mengatasinya, daripada membersihkan gigi dengan permen karet, lebih baik sikat gigi Anda atau tidak perlu mengunyah permen karet.

2. Makan kacang almond
Almond adalah salah satu jenis kacang yang banyak mengandung nutrisi dan baik untuk tulang. Almond kaya akan vitamin E dan memberikan lemak sehat pada tubuh. Namun jika bicara tentang kesehatan gusi, almond bisa memberikan efek buruk. Almond memiliki tekstur yang keras dan bisa menyebabkan gigi retak.

3. Minum jus
Meskipun minum jus termasuk kebiasaan sehat karena memberikan asupan nutrisi lengkap untuk tubuh, namun tidak bisa dipungkiri bahwa jus juga memiliki kandungan gula, terutama jus kemasan. Meski memang tidak seburuk makan cokelat, namun minum jus manis bisa menjadi asupan nutrisi juga untuk bakteri di mulut. Gula akan menyebabkan karang dan gigi berlubang. Untuk mengatasinya, minum air putih atau berkumur setelahnya untuk menghilangkan gula di mulut.

4. Minum kopi
Kopi mengandung banyak antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain itu, kopi juga dikonsumsi orang untuk menambah energi. Namun kopi ternyata tidak cukup baik untuk kesehatan gigi. Kopi bisa merusak warna gigi. Tidak hanya itu, noda kopi yang ada pada gigi bisa memicu plak dan menyebabkan gigi rusak.

5. Makan buah
Buah sangat kaya serat dan bisa memenuhi nutrisi tubuh, namun juga mengandung gula. Serat bisa membersihkan gigi, namun gula merupakan makanan bakteri yang bisa merusak gigi. Jadi, untuk mengatasinya, Anda bisa minum air putih setelah makan buah apa pun, baik yang manis maupun yang asam. Jangan langsung menggosok gigi, karena justru bisa mengikis enamel gigi jika dilakukan setelah makan buah.

Nah, itulah kebiasaan sehat yang sebenarnya bisa merusak gigi. Asal Anda tahu bagaimana mengonsumsinya, Anda akan tetap bisa mendapatkan manfaatnya tanpa harus mengorbankan gigi Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)