5 Jenis Gangguan Saat Tidur

14 Juli 2019 Artikel Kesehatan


Tidur merupakan fase penting bagi tubuh untuk meregenerasi sel, pertumbuhan, dan membantu melawan penyakit. Semakin ideal tidur Anda, semakin baik efek sehat yang Anda dapatkan. Waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah 8 jam.

Namun, bagaimana jika Anda merasa mengalami kesulitan dalam tidur, atau memiliki masalah dengan kebiasaan tidur? Untuk itu, perlu Anda ketahui jenis - jenis gangguan tidur berikut:

Sleep Apnea

Sleep Apnea terjadi ketika sebagian saluran pernapasan bagian atas tersumbat, menghalangi proses pernapasan dalam waktu singkat. Hal ini dapat memicu suara dengkuran. Sleep apnea bisa terjadi berulang kali selama tidur, sehingga penderitanya selalu merasa sangat ngantuk di siang hari. Penelitian menunjukkan bahwa gejala sleep apnea yang parah dan tidak diobati dapat dihubungkan dengan penyakit serius seperti hipertensi, stroke dan penyakit jantung.

Insomnia dan Hypersomnia

Insomnia merupakan gangguan tidur yang umum, dan dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Insomnia membuat orang selalu merasa tidak mendapatkan tidur yang cukup dan menyegarkan. Gejala insomnia berupa sulit untuk tertidur dan sering terbangun di tengah malam. Sedangkan Hypersomnia merupakan kebalikan dari Insomnia. Penderita hipersomnia biasanya memiliki waktu tidur yang lebih lama dari orang lain, bahkan sering tidur di siang hari.

Narcolepsy

Narkolepsi merupakan gangguan tidur kronis, berupa rasa kantuk yang berlebihan di siang hari. Gangguan ini menyebabkan orang tiba - tiba dan tak tertahankan tertidur dimanapun mereka berada. Narkolepsi diduga merupakan akibat dari gangguan pada sistem saraf pusat (otak) yang menyebabkan terganggunya siklus tidur normal tubuh.

Parasomnia

Parasomnia merupakan kelainan pada perilaku tidur seseorang. Gejalanya yang umum adalah berjalan saat tidur (sleepwalking), mimpi buruk, mengigau, dan lain sebagainya. Seorang anak yang mengalami mimpi buruk bisa bangun sambil berteriak, namun tidak dapat menjelaskan ketakutannya

Bruxism

Bruxism merupakan gangguan tidur dimana seseorang sering menggertakan gigi saat tidur. Jika hal ini sering terjadi, bisa menyebabkan kerusakan serius pada gigi. Bruxism juga dapat menyebabkan gangguan kecemasan dan serangan panik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)