5 Cara Merawat Gigi Berlubang

8 Juni 2015 Artikel Kesehatan   |    Fitrah al anshori


Gigi adalah salah satu organ pencernaan manusia yang sangat vital perannya. Gigi yang sehat akan dapat bekerja dengan baik dalam melumatkan makanan, namun jika tidak dirawat maka gigi akan mengalami kerusakan, keropos sehingga mengganggu kenyamanan dalam mengunyah sesuatu. Nah bagaimana cara merawat gigi? terutama gigi yang sedang berlubang?

Berikut ini cara-cara merawat gigi berlubang:
1. Pilih-pilih makanan

Beberapa jenis makanan tertentu tidak baik untuk gigi Anda yang berlubang seperti makanan yang terlalu dingin maupun terlalu panas karena dapat menyebabkan rasa nyeri pada gigi Anda. Hindari makanan tersebut. Jika Anda terlalu sering mengalami rasa nyeri pada gigi maka segeralah konsultasikan pada dokter makanan apalagi yang harus Anda hindari agar gigi tetap sehat .

2. Gosok gigi minimal 2 kali
Gosok gigi minimal 2 kali sehari wajib dilakukan untuk merawat gigi terutama bila Anda memiliki gigi yang berlubang karena beberapa jenis makanan yang tertinggal di gigi dapat menyebabkan gigi berlubang semakin besar dan semakin parah. Gunakanlah pasta gigi yang dapat membantu menutupi gigi berlubang Anda.

3. Gunakan pasta gigi ber kalsium dan xylitol
Beberapa jenis pasta gigi baik untuk kondisi gigi yang sudah mulai berlubang seperti pasta gigi yang mengandung banyak kalsium dan xylitol karena kedua bahan tersebut dapat memperbaiki bagian gigi yang mengalami kerusakan atau berlubang. Kandungan kalsium dan xylitol akan bekerja dengan maksimal bila kondisi gigi Anda tidak memiliki lubang yang parah.

4. Berkumur-kumur dengan garam
Membersihkan gigi menggunakan pasta gigi terkadang tidak maksimal terutama membunuh kuman yang masuk ke dalam lubang gigi. Nah agar bakteri yang masuk dapat mati total dan mencegah sakit gigi maka Anda perlu rutin melakukan kumur-kumur menggunakan air garam. Ambillah segelas air hangat kemudian campurkan dengan garam satu sendok. Aduk-aduk hingga merata dan lakukan kumur-kumur dengan air garam tersebut beberapa kali dalam sehari, pastikan bahwa bagian gigi yang berlubang terkena air garam

5. Banyak mengonsumsi makanan berkalsium
Makanan berkalsium akan sangat berperan dalam memperbaiki gigi yang berlubang. Oleh karena itu Anda harus secara intensif mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kalsium cukup tinggi seperti yang terkandung di dalam susu dan telur.

Itulah cara merawat gigi bagi Anda yang berlubang, ingat untuk mencegah lubang gigi lebih besar karena menyebabkan kuman dapat berkembang biak dengan lebih cepat dan membuat sakit gigi yang parah. Konsultasikan dengan dokter gigi Anda untuk mendapatkan perawatan yang lebih lengkap dan lebih akurat karena sakit gigi sangat tidak nyaman buat siapa saja.

(Penulis adalah pengajar di bimbel SSA makassar)
Blog
http://biologiuinmks.blogspot.com)