5 Cara Jitu Mencegah Osteoporosis pada Wanita

19 Januari 2016 Artikel Kesehatan   |    Fitrah al anshori


Tulang merupakan penyangga tubuh kita, tanpa adanya tulang dalam bentuk rangka yang lengkap seperti ini maka tubuh kita hanyalah daging yang tidak ada apa-apanya. Tulang merupakan material tubuh yang begitu kuat dan bahkan sangat kuat sehingga kita berpikir ia tidak akan mudah hancur atau rusak. Tetapi ternyata ada penyakit bernama osteoporosis dapat menimpa tulang kita. Osteoporosis ini merupakan penyakit pengeroposan tulang sehingga tulang menjadi rapuh. Dari hasil penelitian ternyata wanita lebih mudah mengalami oesteoporosis daripada laki-laki. Nah bagaimana cara mencegah osteoporosis?

1. Banyak mengonsumsi kalsium
Kalsium sebagai sumber kekuatan tulang sebaiknya harus Anda minum secara rutin saat sudah menjelang masa menopause. Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen yang berperan dalam melindungi tulang Anda akan berkurang dan sehingga Anda akan mengalami osteoporosis. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai sumber makanan yang mengandung banyak kalsium.

2. Sering terkena matahari
Matahari berfungsi untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang amat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang Anda. Olah karena itu sebaiknya di pagi hari biarkan tubuh Anda terkena sinar matahari pagi sehingga terasa manfaat vitamin D bagi tubuh.

3. Rutin melakukan olahraga
Olahraga bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang Anda. Tanpa olahraga maka tubuh terutama tulang akan mengalami kaku dan mudah sekali mengalami keropos. Olahraga juga dapat menguatkan tulang Anda.

4. Hindari diet ketat
Diet merupakan upaya untuk menurunkan berat badan kita, tetapi diet yang terlalu ketat justru akan berdampak pada osteoporosis sebab tanpa sengaja beberapa nutrisi penting yang mengandung kalsium menjadi tidak Anda konsumsi karena diet yang terlampau ketat ini.

5. Atur berat badan
Tubuh yang terlalu berat akan membuat tulang kita mendapatkan beban yang cukup banyak sehingga peluang untuk mengalami tulang keropos sejak dini akan semakin mudah terjadi. Makanya kita lihat postur tubuh orang yang sering mengangkut barang berat biasanya memiliki tubuh yang lebih pendek dari orang seumurannya.

Itulah 5 cara mencegah osteoporosis, cegah sejak dini agar tidak mengalami masalah nantinya, sebab tulang yang sudah terlanjur keropos akan susah untuk dinormalkan. Selamat mencoba.

(Penulis adalah pengajar di bimbel SSA makassar)
Blog
http://biologiuinmks.blogspot.com)