5 Cara Alami Redakan Sakit Akibat Gusi Bengkak

2 Agustus 2016 Artikel Kesehatan


Salah satu yang menjadi perhatian pada kesehatan seputar mulut dan gigi sebenarnya adalah gusi. Mengalami gusi bengkak merupakan suatu hal yang sangat mengganggu aktivitas. Selain nyeri, gusi bengkak juga akan membuat gigi dan mulut tidak nyaman. Bahkan gusi bengkak juga bisa menurunkan nafsu makan pada seseorang.

Umumnya penyebab gusi bengkak sebagai salah satu gangguan gusi adalah karena menumpuknya plak pada gigi. Plak yang sangat lengket itu umumnya terbentuk ketika proses makan dan minum. Plak juga mengandung banyak bakteri yang sebagian di antaranya dapat mengganggu kesehatan gusi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa sakit akibat gusi bengkak?

Beberapa orang justru akan mengonsumsi obat-obatan atau penghilang rasa nyeri akibat gusi bengkak. Namun, rupanya ada cara yang lebih alami dan sehat untuk permasalahan gusi bengkak lho!. Dilansir oleh boldsky.com berikut merupakan 5 cara alami redakan sakit akibat gusi bengkak.

Jahe

Jahe mengandung banyak zat anti-inflammatory yang sangat berguna mengatasi gusi bengkak dan menghambat pertumbuhan bakteri yang memperparah sakit gigi.

Cengkeh

Cara alami yang berikutnya dalam mengatasi gusi bengkak adalah cengkeh. Kandungan zat eugenol yang kaya akan antioksidan pada cengkeh rupanya mampu menenangkan gusi yang bengkak. Anda dapat mengunyah beberapa batang cengkeh untuk meredakan gusi yang bengkak.

Kumur Air Garam

Cara ini merupakan cara yang paling umum dalam mengatasi rasa sakit pada gusi bengkak. Berkumurlah dengan air garam yang hangat dan ulangi beberapa kali.

Olesi dengan Minyak

Dengan mengolesi minyak pada gusi yang bengkak, Anda bisa mengurangi rasa sakit dan bengkak pada gusi.

Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya juga bisa dipakai sebagai obat nyeri karena gusi bengkak. Ambil beberapa potong lidah buaya, oleskan gel nya ke bagian yang sakit. Sensasi dinginnya akan meredakan sakit dan memberi efek menenangkan.

Nah, itu tadi merupakan 5 cara alami dalam meredakan rasa sakit pada gusi bengkak. Pada dasarnya, gusi yang sehat ialah gusi yang tidak akan berdarah karena gosok gigi atau jika tersentuh. Tiga ciri-ciri utama gusi yang sehat diantaranya ialah yang memiliki warna merah muda, kencang, dan dapat menahan gigi dengan kuat.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)