5 Cara Alami Atasi Mata Panda

31 Maret 2015 Artikel Kesehatan


Pernahkan Anda disaat harus tampil cantik, namun terdapat lingkaran hitam pada mata? Memang bukan merupakan masalah yang serius, namun hal ini dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang dan tentunya mengganggu penampilan.

Munculnya lingkaran hitam pada mata atau yang biasa disebut "mata panda" ini biasanya terjadi karena kurang tidur, kelelahan, stres, kurang makanan bergizi maupun faktor keturunan.

Namun, ternyata ada bahan-bahan alami yang dapat mengatasi mata panda ini lho.
Berikut adalah 5 cara untuk mengusir mata panda yang membandel:

Kantung Teh Dingin

Mungkin beberapa dari Anda sudah mengenal cara ini. Seduh kantung teh, lalu angkat dan diamkan di kulkas selama beberapa menit. Baru letakkan kantung teh di mata di atas mata Anda. Kandungan zat tanin yang didapat dari teh inilah yang bisa membuat pembuluh darah lebih menyempit dan membantu mengencangkan kulit.

Bengkuang

Kandungan vitamin B1 dan C dari bengkuang menjadikan buah ini solusi untuk mata panda Anda. Parutlah bengkuang dan tempelkan ke area yang berwarna hitam di bawah mata Anda. Hal tersebut dapat juga menyegarkan kulit dikarenakan banyaknya kandungan air pada bengkuang.

Tomat

Oleskan campuran perasan tomat dan jeruk lemon di area bawah mata lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan 2 kali sehari.

Mentimun

Sebelumnya, bersihkan wajah Anda terlebih dahulu, kemudian ambil potongan timun yang telah didinginkan dan tempelkan ke area sekitar kelopak mata. Rileks dan gosokkan potongan timun dengan lembut selama 15 menit. Kemudian bilaslah. Timun memang memberikan pengaruh yang sangat baik bagi kesehatan, tak hanya untuk mengurangi lingkaran hitam atau noda lebam di mata, tapi juga dapat menghaluskan kulit wajah.

Daun Mint

Seperti Anda ketahui, daun mint membuat sensasi dingin yang khas dan menyegarkan. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir mata panda. Hancurkan daun mint, campur dengan air perasan tomat, lalu oleskan pasta campurannya di area bagian bawah mata yang hitam.

Nah, itu dia sederet cara agar Anda terhindar dari mata panda. Namun yang paling penting adalah dengan menghindari tidur terlalu larut atau kurangnya waktu tidur. Terlalu banyak pikiran yang menyebabkan stres juga dapa menjadi faktor timbulnya mata panda.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)