4 Tips Sehat Hindari Mata Minus

12 September 2019 Artikel Kesehatan


Setiap orang pastinya menginginkan mata yang sehat. Namun, terkadang zaman yang kian canggih gadget menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Layar gadget yang begitu terang dan memancarkan radiasi lama-kelamaan mata berisiko terkena gangguan mata seperti rabun jauh atau miopi. Apalagi dengan jarak yang cukup dekat dan intensitas penggunaan yang lama. Rabun atau biasa disebut mata minus merupakan suatu kondisi dimana kita tidak dapat melihat suatu objek secara jelas. Untuk mata minus sendiri dapat digolongkan menjadi dua yaitu mata minus rabun jauh dan rabun dekat.

Nah, pastinya tidak ada yang mau mengalaminya bukan? Mata minus ini juga dapat dicegah, bahkan jika Anda sudah terkena minus, Anda juga bisa memperbaiki dan mengobati secara alami dengan gerakan atau olahraga mata serta makan-makanan yang baik untuk mata.

Yuk simak tips berikut beberapa hal yang dapat mengobati mata minus secara alami:

Melihat Objek yang Bergerak

Termasuk olahraga mata, latihlah mata Anda untuk melihat benda-benda yang bergerak. Misalnya, ketika anda berada di jalan raya, anda bisa mengamati orang-orang, motor ataupun mobil yang berlalu lalang di sekitar anda. Lihat dan perhatikan setiap gerakannya, usahakan bayangan yang anda lihat adalah utuh tidak rabun.

Daun Sirih

Mata minus juga dapat disembuhkan dengan daun sirih, caranya sangat mudah. Kita hanya perlu 2 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih daun sirih tersebut dan tempel dimata anda setap kali anda tidur. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Terapi Lilin

Mungkin terdengar unik, namun dengan melakukan terapi lilin, Anda bisa melatih mata Anda agar terhindar dari mata minus. Caranya cukup mudah. Anda hanya pelu menyalakan lilin dan tataplah lilin tersebut tanpa banyak berkedip dan tunggulah hingga keluar banyak air mata anda. Walaupun terbilang sederhana, tapi banyak yang mengatakan terapi ini cukup manjur.

Menulis dengan Mata

Berdiri atau duduk dengan menghadap dinding kosong. Lalu coba tulislah kata-kata dengan mata Anda. Jadi bayangkan sekarang ada pena di kedua mata Anda. Gerakkan bola mata sesuai dengan alfabet yang Anda "tulis" di dinding. Semakin besar alfabet yang ditulis, maka semakin baik untuk mata Anda. Lakukan dengan pelan-pelan saja, ya Ladies. Lakukan setidaknya sekali dalam sehari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)