4 Steps Menjadikan Anak Anda Tinggi

6 Oktober 2009 Artikel Kesehatan


Proses pertumbuhan tinggi badan manusia mempunyai dua masa puncak: satu adalah pada masa bayi, dan satunya lagi adalah masa akil balig, saat inilah merupakan landasan bagi asupan gizi pertumbuhan tinggi badan. Berikan makanan yang banyak mengandung berbagai macam gizi pada anak-anak, seperti kacang-kacangan, telur, ikan dan udang, susu, daging dan lain-lain makanan hewani, serta sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan vitamin A dan C, kalsium dan garam nonorganik, terlebih lagi kalsium, berikan bayi dan anak usia sekolah, tambahan kalsium dengan dosis yang sesuai dan minyak ikan, yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tinggi badan.
Istirahat (Tidur) yang Cukup

Ahli kecantikan sering mengatakan jika anak-anak bisa tidur normal dan cukup, akan membantu pertumbuhan tinggi badan. Para ilmuwan menemukan, bahwa puncak dikeluarkannya hormon pertumbuhan adalah pada saat anak-anak tidur, dikeluarkan setelah jam 10 malam, dan secara terus menerus dalam waktu yang cukup panjang. Jika mengharapkan agar anak-anak dapat tumbuh tinggi, adalah keharusan untuk tidur sebelum pukul 10 malam. Tidur yang cukup adalah sarana penting untuk mempercepat pertumbuhan tinggi badan si mungil.

Memilih Olahraga yang Bermanfaat

Kegiatan anak-anak sebaiknya dipilih yang santai dan lincah, aktivitas yang sifatnya terbuka dan bebas bergerak dengan leluasa, seperti misalnya: senam, lari-lari, berenang, bulutangkis, tenis meja dll. Sedangkan olahraga berat yang sifatnya menekan atau mengurangi, seperti misalnya, angkat beban, dumbel, per penarik, gulat dan lain sebagainya, tidak baik untuk pertumbuhan tinggi badan.

Selalu Riang Gembira

Hormon pertumbuhan penting yang mempengaruhi pertumbuhan anak-anak, dikeluarkan dengan frekuwensi yang lebih tinggi pada saat tidur atau olahraga, dan frekuwensi pengeluaran hormon akan lebih rendah pada saat perasaan sedang tertekan. Jika anak Anda selalu mendapat kritikan, disalahkan, dalam lingkungan orang tua yang suka bertengkar, batinnya akan tertekan, lalu perasaan hatinya menjadi masygul, maka akan mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan anak-anak secara serius. Jadi buatlah suasana keluarga yang harmonis.

sumber: tymask.wordpress.com/2009/06/27/4-steps-menjadikan-anak-anda-tinggi/