4 Latihan Redakan Nyeri Arthritis

30 September 2010 Artikel Kesehatan


Para ahli mengemukakan para penderita arthritis atau nyeri sendi yang rutin melakukan olahraga akan mengalami rasa nyeri berkurang, lebih berenergi, dan kualitas tidur membaik. Namun sayangnya, hingga kini masih banyak penderita yang enggan utnuk berolahraga karena berbagai alasan.

Donna Everix dari Asosiasi Profesional Kesehatan Reumatologi berujar, "Beberapa orang beralasan mereka tak melakukan olahraga karena takut akan cedera." Padahal, tubuh yang pasif karena jarang bergerak atau berolahraga justru dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti diabetes tipe 3 dan masalah kardiovaskular. Ditambah dengan penurunan stamina, otot yang lemah, sendi kaku, dan kurangnya keseimbangan tubuh.

Berikut empat gerakan olahraga yang diklaim para ahli medis tergolong aman dan mampu mengurangi nyeri akibat arthritis dan penyakit rematik lainnya.

1. Latihan fleksibilitas
Latihan ini dapat membantu menjaga atau meningkatkan fleksibilitas pada sendi atau otot yang nyeri. Selain akan memperbaiki postur tubuh, juga dapat mengurangi risiko cedera. Berbagai gerakan latihan ini mesti dilakukan sebanyak 5-10 kali per harinya setidaknya selama tiga hari dalam seminggu. Untuk setiap gerakan, sebaiknya ditahan selama 30 detik.

2. Latihan kekuatan
Latihan kekuatan didesain untuk otot. Karena otot yang kuat memperbaiki fungsinya sehingga mampu mengurangi pengeroposan tulang karena tubuh yang kurang aktif. Bagi penderita arthritis, sebaiknya melakukan satu seri latihan yang terdiri dari 10 gerakan yang ditujukan bagi otot sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

3. Aerobik
Gerakan aerobic termasuk aktivitas menggunakan sebagian besar otot tubuh dalam gerakan berulang yang ritmis. Latihan ini mampu memperbaiki fungsi jantung, paru-paru,dan otot. Bagi penderita arthritis, latihan ini efektif untuk menjaga berat badan, mood, dan kualitas tidur. Aerobik yang terbilang aman dapat termasuk berjalan, aerobic dance, aerobik di dalam air, bersepeda, atau bisa juga berlatih dengan alat seperti treadmill. Disarankan, lakukan aerobik ringan selama 150 selama seminggu atau lebih.

4. Latihan kewaspadaan tubuh
Latihan ini termasuk gerakan untuk memperbaiki postur tubuh, keseimbangan, dan posisi sendi, dengan kooordinasi dan relaksasi. Tai chi dan yoga adalah dua contoh latihan kewaspadaan tubuh dan sangat berguna bagi penderita arthritis. (Pri/OL-06)

sumber: mediaindonesia.com