4 Kebiasaan Buruk dari Tidur yang Mengganggu Kesehatan

24 Oktober 2012 Artikel Kesehatan


Tidur adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi karena dengan kita tidur, tubuh akan memperbaiki kekebalan tubuh kita serta meregenerasi tubuh kita yang rusak akibat aktivitas kita sehari-hari. Selain meregenerasi tubuh kita, tidur juga membuat pikiran kita kembali refresh untuk dapat melanjutkan aktivitas kita selanjutnya.

Namun jika kita memiliki kebiasaan yang buruk untuk tidur, hal ini bukannya membuat kita sehat malah membuat kita sakit. Jika ini dibiarkan dalam jangka yang lama akan mengakibatkan dampak yang negatif dan memicu penyakit kronis.

Ada beberapa kebiasaan buruk tidur dan berdampak buruk pada kesehatan:

1. Nonton TV sampai larut malam
Jika anda suka menonton TV sampai larut malam, bisa jadi anda akan terkena insomnia dan menurut penelitian kebanyakan orang akan menyisihkan 1 jam waktu tidur untuk menonton TV. Hal ini akan mengakibatkan waktu tidur anda terpotong sehingga anda tidak menyadari waktu yang sudah larut malam. Jelas ini akan memperburuk kesehatan kita. Untuk porsi jam tidur orang dewasa normalnya adalah 8 jam dalam sehari.

2. Kualitas dan kuantitas tidur yang buruk
Kurang tidur pada malam hari dapat mengakibatkan peningkatan glukosa dalam tubuh kita. Ini akan mengakibatkan anda mudah terkena diabetes. Selain diabetes, efek kualitas dan kuantitas tidur yang buruk juga dapat memicu hormon - hormon dalam tubuh yang mengakibatkan pengaruh yang besar bagi tubuh seperti mudah lapar, denyut jantung yang tidak beraturan, suasana hati yang tak menentu, perubahan pada konsentrasi dan pengurangan daya ingat.

3. Terpapar cahaya matahari terlalu awal
Mungkin cahaya matahari memang baik bagi tubuh karena sinar matahari pada pagi hari yaitu pukul 07.00-09.00 mengandung vitamin D. Namun bagi yang menderita kondisi Cryptochromania, mungkin hal ini bisa merugikan.

Cryptochromania adalah kondisi dimana terlalu sensitif terhadap cahaya matahari dan senja sehingga tubuh dengan mudah melacak cahaya matahari bahkan saat anda tidur dan berpengaruh terhadap mata dan kulit. Jika anda terkena kelainan seperti ini, maka ketika anda tidur anda akan mudah terbangun saat ada sinar matahari pagi, siang maupun senja. Untuk mengatasi hal ini, anda harus mengatur jadwal tidur anda lebih awal.

4. Tidur dengan lampu yang masih menyala
Makin lama anda terpapar oleh cahaya lampu pada saat anda tidur dimalam hari, makin membuat hormon melatolin menjadi melemah yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Penuaan dini juga dapat terjadi karena produksi hormon melatonin yang rendah. Selain penuaan dini, rendahnya melatonin juga menyebabkan penyakit Alzheimer.

Melatonin adalah antioksidan kuat dalam tubuh manusia yang mampu mencegah kerusakan DNA manusia akibat radikal bebas dan menekan sel-sel kanker pada tubuh. Jika produksi melatonin melemah, maka anda akan beresiko tinggi terkena penyakit mematikan seperti penyakit jantung, hipertensi dan penyakit kronis lainnya.

Untuk menghindari hal tersebut yang berpengaruh pada kesehatan, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan supaya memiliki tidur yang berkualitas:

  1. Atur suasana kamar tidur yang lebih nyaman sebagai tempat beristirahat, meredakan stress dan ketegangan.
  2. Bersantai sebelum pergi dan matikan alat elektronik sebelum tidur
  3. Hindari minuman berkafein seperti kopi dan minuman stimulant pada malam hari
  4. Coba buat jadwal untuk tidur malam hari pada jam tidur yang sama termasuk akhir pekan
  5. Jangan makan terlalu berat sebelum tidur.
  6. Jaga suhu kamar tetap nyaman tetapi jangan terlalu panas atau dingin karena hal itu akan mengganggu tidur anda
  7. Matikan lampu dan jaga suasana kamar yang kondusif supaya anda bisa tidur dengan nyenyak.


(Dikutip dari berbagai sumber)