4 Jenis Olahraga yang Baik di Lakukan Saat Puasa

12 Mei 2019 Artikel Kesehatan


Orang yang berpuasa harus tetap berolahraga. Jangan sampai karena alasan puasa, kita bermalas-malasan tanpa melakukan kegiatan apapun. Olahraga sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh selama kita berpuasa. Berolahraga saat puasa tidak akan membuat tubuh jadi lemas kehabisan, asalkan dilakukan dengan cara yang benar dan waktu yang tepat. Agar bisa menjalankan olahraga ketika puasa, perlu dilakukan persiapan yang matang.

Pada dasarnya, olahraga ketika puasa bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi akan sangat baik jika dilakukan sore hari yaitu menjelang berbuka 1 jam sebelumnya.

Berikut 4 jenis olahraga yang baik dilakukan saat puasa:
1. Sepeda santai

Olahraga ini cukup menyenangkan ketika dilakukan pada pagi atau sore hari. Anda bisa bersepeda selama kurang lebih setengah jam sambil menunggu datangnya waktu berbuka. Selain menyenangkan, olahraga sepeda ini juga bisa dilakukan bersama anggota keluarga atau teman-teman. Bersepeda selama setengah jam sudah cukup baik untuk membuat tubuh berkeringat dan menjadikan badan lebih bugar ketika puasa.

2. Jogging
Jogging cukup baik juga dilakukan sambil menunggu waktu berbuka. Lakukan olahraga ini antara 20 hingga 30 menit setiap hari untuk membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Jogging akan membakar kalori dalam tubuh sehingga kita terhindar dari kegemukan saat sedang berpuasa. Tetapi, melakukan olahraga saat puasa juga harus sesuai kemampuan, jangan dipaksakan jika memang tidak mampu.

3. Badminton
Badminton merupakan olahraga yang cukup menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Olahraga ini cukup baik karena bisa membuat tubuh lebih aktif. Ketika puasa, badminton bisa dilakukan sore hari sambil menunggu berbuka.

4. Tennis
Tennis meja juga termasuk jenis olahraga yang baik saat puasa. Olahraga ini tidak terlalu melelahkan namun bisa membakar banyak kalori di dalam tubuh. Tennis juga bisa jadi olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan sambil menunggu waktunya berbuka.

Sebaiknya olahraga saat puasa dilakukan sesuai kemampuan. Anda bisa melakukannya sambil menunggu untuk berbuka puasa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)