4 Cara yang Tidak Biasa untuk Meningkatkan Produktivitas

21 Desember 2015 Artikel Kesehatan   |    Sri Wahyuni, SE


Seberapa sering Anda merasa tidak fokus dan merasa useless?
Yang dimaksud useless disini bukan berarti rendah diri, namun lebih kepada kurang produktifnya diri Anda atau banyak pekerjaan yang sering terbengkalai. Mungkin Anda merasa tidak seperti itu karena kesibukan dimeja kerja membuat akan semakin fokus, padahal pikiran entah kemana.

Semoga artikel dibawah ini dapat membantu dalam menjaga fokus dan produktivitas.

1. Tidur Siang

Tidur siang yang cukup akan membantu Anda lebih fokus dalam mengerjakan suatu hal. Tidur siang yang dimaksud bukanlah tidur berjam-jam tapi "mencuri" waktu tidur sekitar 10-30 menit. Menurut study yang dilakukan tahun 2012, 10 menit tidur siang menghasilkan peningkatan level energi dan respon kognitif, sama hasilnya dengan tidur 155 menit. Hasilnya sama juga dengan tidur 20-30 menit. Namun, tidur sebentar ini jangan dilakukan saat malam hari karena akan membuat menjadi insomnia. Lakukan saat pagi menjelang siang atau di awal sore. Berikut ini tips bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk tidur siang:

  • Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum untuk pergi bekerja atau sekolah, manfaatkan waktu menunggu didalam kendaraan dengan tidur 10 menit saja. Daripada berdiam diri, manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya.
  • Tidur saat jam makan siang, sebelum atau sesudah makan siang dapat Anda manfaatkan waktu sekitar 10 menit untuk tidur atau beristirahat sejenak.
  • Gunakan waktu sholat untuk beristirahat. Selain kewajiban, waktu beribadah ini mampu mengendurkan urat-urat syaraf Anda ketika bekerja.


2. Berolahraga

Olahraga dapat membuat seseorang menjadi senang, dengan begitu Anda akan menjadi pekerja yang sehat dan lebih produktif. Olahraga juga menurunkan tingkat stress, mengurangi tingkat depresi dan meningkatkan hormon endorphin yang dapat membuat bahagia. Olahraga juga meningkatkan rasa percaya diri. Cukup 30 menit berolahraga sehari dan rasakan manfaatnya.

Bagi Anda yang sulit berolahraga, ada sedikit tipsnya:

  • Parkir kendaraan Anda ditempat yang bukan biasanya agar dapat berjalan kaki.
  • Jalan-jalan di lingkungan tempat tinggal Anda setiap pagi sebelum berangkat kerja.
  • Seringlah naik tangga daripada naik lift atau eskalator.


3. Bermain Games

Biasanya main games adalah kebalikan dari produktivitas. Tetapi hal ini tidak selamanya benar. Kalau waktu rileks yang Anda punya dipakai untuk bermain asah otak atau permainan kecil yang menyenangkan bisa menstimulasi otak juga lho, asal main gamesnya tidak berlebihan.

Anda pasti punya banyak pilihan apalagi semakin banyak orang yang memiliki gadget canggih berbasis Android. Pilih permainan yang simpel aja, jangan yang berat-berat seperti perang-perangan. Faktanya, banyak perusahaan yang memasukkan agenda permainan dalam jam kerja perusahaannya. Hal itu akan meningkatkan produkstivitas dan membawa pesan moral. Bermain saat jam kerja meningkatkan produktivitas dalam dua cara. Pertama dan yang paling mudah adalah penghargaan - penghargaan sebuah insentif kepada pekerja yang bekerja dengan efisien dan pekerjaan yang lebih baik. Tapi bermain juga memiliki keuntungan lainnya: meningkatkan kreatifitas, pengambilan keputusan, dan respon kognitif seseorang. Permainan kata seperti puzzle kata, sudoku dan permainan otak lainnya akan memperkuat memory, fokus dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

4. Jauhkan atau Matikan Segala Perangkat Elektronik

Di masyarakat dengan era digitalisasi seperti saat ini, kita seperti terhubung ke orang lain selama 24 jam dan 7 hari. Terhubung dalam bentuk telephon, email, social media dan masih banyak lagi. Hal itu akan meningkatkan informasi dan bisa membuat kepala stress jika terlalu banyak informasi yang diserap. Hasilnya, produktifitas akan menurun karena otak kita akan di ganggu terus menerus dengan informasi-informasi yang kadang tidak berguna untuk kita.

Cobalah matikan segala alat elektronik ketika Anda di rumah. Ketika bersama keluarga atau sisihkan waktu untuk Anda sendiri tanpa segala gadget. Berikan perhatian pada orang-orang di sekitar Anda. Tanyakan kabar mereka atau sekedar menghabiskan waktu beberapa jam dengan membaca buku favorit yang selama ini hanya dibeli tapi tidak punya waktu cukup untuk membacanya.
Berikut tips yang bisa Anda lakukan saat Anda mematikan perangkat elektronik:

  • Tulis jurnal/buku harian
  • Brainstorming
  • Membaca buku
  • Berenang, jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah, main games tapi matikan mobile networknya, atau sekedar jalan-jalan dimall bertemu kawan lama.


Anda akan lebih rileks dan pastinya akan lebih produktif.

(Penulis adalah social media officer di International Islamic Education Council)
Blog (http://yasta-berkarya.blogspot.co.id)