4 Cara Merawat Kuku Agar Sehat dan Mengkilap

4 September 2015 Artikel Kesehatan   |    Fitrah al anshori


Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat menjadi simbol kecantikan terutama wanita, setiap kuku akan menggambarkan bagaimana kepribadian wanita tersebut makanya banyak wanita yang berusaha untuk tampil cantik dengan melakukan perawatan pada kukunya. Kuku yang tidak terawat dengan baik akan terlihat kering dan bahkan rusak. Sebaiknya dalam merawat kuku harus senantiasa menggunakan bahan-bahan alami saja. Merawat kuku sebenarnya tidak perlu harus ke salon karena kita sendiri dapat melakukannya dari rumah sekalipun.

Berikut cara merawat kuku agar sehat dan mengkilap:
1. Menggunakan jeruk lemon

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam perasan jeruk lemon ternyata baik untuk membuat kuku menjadi lebih mengkilap. Ambilah beberapa buah jeruk lemon kemudian iris kecil menjadi beberapa bagian. Gunakanlah potongan jeruk tersebut untuk membersihkan kuku hingga terlihat benar-benar bersih. Diamkan selama beberapa menit baru cuci dengan air, selain membuat kuku mengkilat jeruk lemon juga akan menghilangkan warna kekuning-kuningan dari kuku Anda.

2. Menggunakan bawang putih
Bawang putih dapat membuat kuku menjadi lebih mengkilap dan juga akan lebih kuat sehingga tidak mudah patah. Ambillah beberapa siung bawang putih kemudian tancap-tancapkan pada ujung kuku Anda, oleskan juga pada area permukaan kuku hingga terlihat bersih dan mengkilap. Lakukan perawatan secara berulang beberapa kali dalam seminggu agar kuku benar-benar kuat.

3. Menggunakan kulit semangka
Kuit semangka juga baik untuk membuat kuku Anda mengkilap. Ambillah kulit semangka yang sudah di konsumsi yakni pada bagian yang berwarna putih. Gunakan dengan cara menggosokkan pada kuku Anda, diamkan hingga mengering baru Anda bilas dengan air bersih.

4. Menggunakan belimbing wuluh
Belimbing wuluh merupakan buah asam yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kuku Anda. Cukup 3 butir belimbing wuluh yang sudah hampir masak dan gunakan untuk menggosok-gosok kuku Anda maka Anda akan mendapatkan kuku yang bersih, sehat dan kuat. Sayangnya saat ini tidak banyak orang yang menanam belimbing wuluh di rumahnya.

Demikianlah beberapa cara merawat kuku agarsenantiasa mengkilap dan selalu sehat. Mudah bukan? dan tidak harus mahal untuk memiliki kuku yang sehat dan mengkilap karena bahannya juga mudah ditemukan di sekitar kita.

(Penulis adalah pengajar di bimbel SSA makassar)
Blog
http://biologiuinmks.blogspot.com)