3 Siasat Bakar Kalori Saat Ngantor

8 Maret 2011 Artikel Kesehatan


Membakar kalori tak mesti diupayakan dengan berlatih di gym atau harus mengupayakan waktu ekstra untuk joging atau melakukan jenis olahraga lainnya. Kalori juga bisa terbakar saat kita bekerja, terutama bagi Anda yang bekerja di lapangan atau yang memiliki profesi dinamis seperti wartawan atau pemasar.

Lalu, bagaimana dengan yang mesti bekerja di depan computer? Berikut tiga siasat yang bisa Anda coba di kantor untuk membakar lebih banyak kalori.

1. Berdiri
Hanya dengan berdiri dari bangku Anda selama 5 menit, sebanyak 15 kalori tubuh bisa terbakar. Untuk itu, jangan segan untuk berdiri sejenak sambil meregangkan tubuh, menelepon, atau sekadar bwerjalan-jalan ke meja teman. Secara tak sadar, Anda bisa saja membakar 120 kalori.

2. Naik tangga
Menurut sebuah studi, setiap kita menaiki satu anak tangga, sebanyak 0,1 kalori terbakar. Sebaliknya, saat menuruni tangga, ada sebanyak 0,05 kalori yang terbakar. Maka itu, setiap 2 jam sekali cobalah pergi ke ruangan lain. Menurut studi yang diterbitkan di European Heart Journal, para pekerja medis di rumah sakit rata-rata mengalami penurunan berat badan sebanyak 1,7 persen selama 12 minggu disebabkan aktivitas naik dan turun tangga. Risiko mereka untuk meninggal dini pun berkurang hingga 15 persen.

3. Tidak makan di meja
Daripada meminta memesan makan siang dan memakannya di meja, kenapa Anda tidak menyempatkan diri sejenak berjalan ke kantin atau ke rumah makan terdekat. Rata-rata orang akan membakar 5 kalori di tubuhnya dengan berjalan kaki ringan melalui satu jalan kecil. Kenapa tidak berjalan kaki lebih jauh lagi sehingga Anda bisa membakar 300 kalori per minggunya. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com