3 Jenis Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Mata

24 Agustus 2016 Artikel Kesehatan


Mata sebagai indera penglihatan merupakan bagian tubuh yang penting. Mata bagaikan jendela dunia, karena dengan organ tubuh ini kita dapat mengenal indahnya lingkungan disekitar kita dan dapat menikmati karunia Tuhan. Untuk itulah kita harus senantiasa menjaga kesehatan mata. Caranya yaitu dengan rajin mengkonsumsi makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Berikut 3 jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata:
1. Wortel

Asupan vitamin A paling tinggi dan betakaroten adalah yang terbaik dan terkandung di dalam wortel. Senyawa antioksidan dan betakaroten ini mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat menurunkan risiko terkena katarak dan juga degenerasi makula. Sedangkan kandungan vitamin A dapat menjaga organ mata baik di dalam dan diluar tetap sehat. Penglihatan mata juga menjadi lebih jernih. Wortel dapat diolah dalam bentuk jus atau dimasak bersama sayuran lain.

2. Tomat
Untuk mendapat manfaat yang baik bagi mata, sebaiknya Anda memilih tomat yang sudah matang dan berwarna merah. Karena di dalam warna merah di buah tomat ini terkandung zat likopen yang sangat baik menunjang kesehatan mata. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa likopen di dalam tomat melindungi retina dan bagian mata yang lain dari kerusakan. Senyawa likopen ini juga dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker, terutama kanker prostat dan kanker yang lain, seperti kanker paru-paru dan juga kanker usus. Nah, untuk mengkonsumsi tomat ini biasanya dalam bentuk jus atau dipakai sebagai bahan campuran untuk memasak.

3. Minyak Zaitun
Selain dikenal sangat baik di dalam kecantikan, minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Karena di dalam minyak zaitun terkandung asam lemak tak jenuh dan lemak trans. Studi menunjukkan bahwa dengan rajin mengkonsumsi lemak trans maka akan bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan retina di dalam mata. Selain itu minyak zaitun yang kaya akan antioksidan ini baik untuk menjaga kesehatan tubuh lainnya. Diantaranya adalah mencegah diabetes melitus, penyakit jantung, penyakit saraf degeneratif lainnya, dan bahkan mencegah risiko terkena penyakit kanker.

Itulah 3 jenis makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Ingat! jangan lupa istirahat yang cukup, karena istirahat sangat baik untuk menjaga mata dari kelelahan selama seharian penuh menemani aktivitas Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)