3 Cara Ampuh Enyahkan Kulit Kapalan!

25 Oktober 2015 Artikel Kesehatan


Kapalan, atau bahasa kedokterannya callus, cukup familiar di masyarakat luas. Kapalan merupakan penumpukan atau penebalan sel - sel kulit mati pada kulit telapak kaki atau tangan disebabkan oleh tekenan atau gesekan berlebih dengan benda keras secara terus menerus, seperti sepatu, sandal, pulpen, deterjen, dan benda keras lainnya.

Konon kisahnya para orang tua menyarankan anak laki - lakinya yang sudah dewasa mencari istri dengan melihat telapak tangannya. Telapak tangan yang kasar alias kapalan, berarti wanita tersebut giat bekerja.

Tapi zaman sekarang sudah berubah. Banyak lelaki yang menginginkan wanita dengan kulit yang mulus. Tak jarang kapalan menjadi penggangu penampilan bagi wanita. Untuk itu, berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghulangkan si kulit keras tersebut:

1. Kulit Nanas

Kulit nanas mengandung bromelain, sejenis enzim yang terdapat di dalam tumbuhan dan buah nanas yang melembutkan dan mengangkat sel-sel kulit mati. Cara pemakaiannya cukup mudah. Rendam kaki atau tangan dalam air hangat selama 20 menit. Tempelkan kulit nanas segar pada bagian kulit yang kapalan. Rekatkan dengan plester dan biarkan semalaman. Setelah itu, lepas kulit nanas dengan hati - hati lalu rendam kembali. Jika dilakukan selama 4 hari berturut - turut, kapalan bisa dikelupas dengan cara menggosokkan dengan batu apung.

2. Kapur sirih dan sabun cuci krim

Campurkan kapur sirih yang agak basah dengan sabun cuci krim dengan perbandingan 1: 1. Oleskan hasil campuran pada kulit yang kapalan. Diamkan selama beberapa jam hingaa kulit kapalan menjadi lemas. Sikat perlahan kulit kapalan dengan sikat khusus kaki.

3. Bawang putih dan cuka

Selain kapur dan sabun cuci, Anda bisa mencoba campuran bawang putih dan cuka. Campurkan bawang dan cuka secukupnya ke dalam wadah. Letakkan wadah pada tempat yang terkena sinar matahari. Sebelum tidur, oleskan campuran tersebut dan kulit kapalan akan melunak dan mengikis secara perlahan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)