1000 Langkah Per Hari Cegah Osteoporisis

26 Oktober 2009 Artikel Kesehatan


Jangan pernah berpikir, osteoporosis atau pengapuran pada tulang hanya mengancam kalangan tua. Sebab, anak muda sekalipun juga berpotensi terkena osteoporosis. Sebab itu, perhatian terhadap kondisi tulang harus dilakukan sejak awal.

"Pencegahan yang paling baik adalah dimulai saat anak berada dalam kandungan. Dimana ibu mengkonsumsi asupan makanan kaya gizi," tegas Prof. Errol Untung Hutagalung, SpB, SpOT-K, ketua perhimpunan Osteoporosis disela peringatan Hari Osteoporosis Nasional yang berlangsung di Bundaran HI, Jakarta, Akhir pekan ini.

Selain itu, berjalan dan melakukan aktivitas fisik juga sangat penting dalam menjaga kesehatan serta mencegah osteoporosis. Prof. Erol juga merekomendasikan langkah-langkah mudah yang bisa Anda lakukan, yaitu:
Pertama, penuhi tubuh dengan asupan makanan bergizi, dengan begitu nutrisi minimal yang dibutuhkan tulang terpenuhi.Kedua, tambahkan suplemen pelengkap sebagai pendamping asupan makanan. Suplemen yang diberikan berupa susu yang mengandung kalsium.Rajin berolahraga, minimal penuhi jalan kaki selama 1000 langkah perhari.Terapkan gaya hidup sehat seperti tidak merokok atau kurangi keluar malam.Bila Anda yang beraktivitas padat, seperti misal kebanyakan duduk di kantor, disarankan untuk berjalan-jalan kecil di kantor demi melenturkan tulang dan otot lantaran menahan beban tubuh yang terlalu lama saat duduk. cr2/rinSumber: Republika Online