10 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

21 Januari 2019 Artikel Kesehatan


Daun kemangi banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai menu lalapan yang wajib ada. Sesuai dengan namanya, daun kemangi apabila disandingkan dengan lalapan lain tercium lebih wangi. Daunnya kecil-kecil dan hampir mirip dengan seledri, namun banyak juga yang tidak menyukai daun kemangi karena rasanya yang getir. Indonesia merupakan negara yang memiliki tanah subur dengan jenis tanaman yang bervariatif. Salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia adalah daun kemangi. Daun kemangi selain menjadi salah satu pelengkap dalam beberapa sajian masakan tradisional Indonesia dengan bau yang khas, daun kemangi juga merupakan obat herbal yang berkhasiat untuk beberapa jenis penyakit.

Berikut beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan:
1. Batuk

Daun kemangi berperan dalam obat batuk Ayurvedic dan ekspektoran. Manfaat daun kemangi untuk membantu memobilisasi lendir di bronkitis dan asma. Selain itu daun kemangi dapat dikunyah untuk mengurangi flu .

2. Sakit Tenggorokan
Untuk mengobati sakit tenggorokan Anda dapat merebus daun kemangi atau menjadikannya obat kumur yang digunakan dua kali sehari.

3. Demam
Daun kemangi bermanfaat untuk meredakan demam. Daun kemangi juga dapat membantu mencegah demam berdarah dan malaria. Pada kasus demam yang tinggi, Anda bisa menggunakan daun kemangi dengan bubuk kapulaga direbus bersama setengah liter air, Anda bisa mencampurkan dengan gula atau susu.

4. Gangguan Pernapasan
Anda dapat merebus daun kemangi dengan campuran madu dan jahe yang bermanfaat untuk influenza, asma dan bronkitis. Bila Anda tidak menyukai rasa jahe, Anda dapat membuat resep dengan menggunakan daun kemangi dicampur dengan cengkeh dan sedikit garam yang sangat berkhasiat terutama untuk influenza.

5. Batu Ginjal
Manfaat lain yang dihasilkan dari daun kemangi adalah membantu Anda dalam meringankan gangguan ginjal. Anda dapat membuat jus daun kemangi dengan campuran madu, Anda dapat meminum secara teratur selama 6 bulan untuk mengurangi gangguan batu ginjal secara alami.

6. Penyakit Jantung
Daun Kemangi mempunyai manfaat yang menguntungkan untuk kesehatan jantung. Dalam beberapa kasus daun kemangi dapat meringankan penyakit jantung dan mengurangi tingkat kolesterol darah.

7. Stres
Daun Kemangi memiliki 'adaptogen' atau agen anti-stres. Penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi mampu memberikan perlindungan yang signifikan terhadap stres. Bahkan anda yang ingin mencegah stres dalam beberapa pekerjaan yang sedang dihadapi dapat mengkonsumsi 12 daun kemangi, dengan cara mengkonsumsi dua kali sehari untuk mencegah stres.

8. Infeksi Mulut
Daun kemangi akan membantu dalam meminimalisir infeksi di mulut. Anda dapat mengunyah beberapa lembar daun kemangi untuk menyembuhan kondisi ini.

9. Gangguan Kulit
Beberapa gangguan kulit seperti kurap sering kali menggangu Anda, selain menggangu kepercayaan diri juga dapat membuat anda tidak nyaman. Daun kemangi yang di jus dapat membantu meringankan kurap dan penyakit kulit lainnya. Hal ini juga telah berhasil dicoba oleh beberapa naturopaths dalam pengobatan leucoderma.

10. Pencegahan Jerawat
Manfaat daun kemangi mencegah timbulnya jerawat karena mereka memurnikan darah dengan membuang racun. Daun kemangi mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat diterapkan sebagai pasta dari daun untuk mencegah peradangan.

Itulah manfaat dari daun kemangi, maka dari itu konsumsi lah kemangi secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, dengan begitu Anda bisa mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)