10 Langkah Cerdas Makan Sesuai Porsi

7 Mei 2010 Artikel Kesehatan


Kesalahan porsi merupakan salah satu pemicu utama obesitas. Banyak orang, mungkin termasuk Anda, yang secara tidak sadar selalu mengonsumsi kalori berlebih. Bagaimana cara mengecilkan porsi makan namun tetap merasa kenyang? Berikut langkah-langkah yang bisa menjadi panduan Anda.

Ingin menambah porsi kedua? Tunggulah 10 menit
Perut Anda memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk menyampaikan pesan kenyang ke otak. Jadi, cobalah bertahan sebelum menambah porsi makan. Berbicaralah atau berguraulah dengan teman makan Anda. Jika makan sendiri, cobalah membaca koran atau berjalan di sekitar rumah. Jika masih benar-benar lapar setelah melewati waktu penundaan ini, tambah asupan sayur atau salad.

Hentikan kebiasaan makan bersih
Anda selalu menghabiskan semua makanan di piring? Ada baiknya mulai mengubah strategi: makan sesuai porsi sehat dan berhentilah. Akan lebih baik menyisakan sedikit makanan (dan menyimpannya untuk besok) dibandingkan memenuhi tubuh yang sudah kelebihan muatan.

Hindari makan langsung dari kantung atau kotak makanan
Ambil sesuai porsi sehat dan letakkan di piring. Kemudian segeralah simpan kembali bungkusannya. Cara ini akan mencegah Anda makan berlebih.

Suka porsi besar? Cobalah cara ini
Penuhi piring Anda dengan sayuran atau salad serta sup. Meskipun dikonsumsi dalam jumlah besar, makanan kaya air dan rendah kalori ini tidak akan menimbulkan masalah.

Gunakan piring kecil
Cara ini membantu Anda mengontrol porsi secara otomatis.

Pesan porsi kecil
Saat memesan makanan dan minuman, atau membeli makanan kemasan, pastikan langsung memilih ukuran terkecil untuk semua jenis makanan kaya kalori (kecuali salad dan sayur tanpa lemak tambahan).

Pilih porsi tunggal
Beli atau buatlah makanan tinggi kalori untuk porsi tunggal. Membeli porsi ganda dengan harga yang lebih murah justru akan memicu Anda makan berlebih.

Pastikan baca label terlebih dahulu
Banyak makanan atau minuman kemasan terlihat untuk satu takar, padahal sebenarnya untuk dua takar atau lebih. Akan tetapi, informasi jumlah kalori dan nutrisi lain hanya ditujukan untuk satu takar. Jadi, pastikan membaca jumlah takar per kemasan terlebih dahulu. Dan pastikan Anda hanya makan atau minum satu takar saja.

Bungkus makanan sisa sebelum makan
Sangat mudah memenuhi piring dengan porsi sehat. Masalah akan muncul jika piring tersebut sudah kosong namun persediaan makanan dalam takaran besar masih tersisa di depan Anda. Karena itu, ambil sesuai porsi dan langsung simpan makanan sisanya. Dengan begitu, Anda akan berpikir dua kali sebelum mengambil kembali.

Padukan makanan dengan produk mentah
Saat mengurangi porsi makan, kemungkiann Anda akan semakin keranjingan dengan makanan. Untuk mengatasi, sediakan satu potong buah atau seledri dan wortel. Selain itu, Anda bisa memperbaiki kesehatan dengan mengonsumsi apel, jeruk, semangka atau blewah. (IK/OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat