10 Hal yang Wajib Diketahui Tentang Hati

30 September 2009 Artikel Kesehatan


Setiap orang punya hati. Namun, mungkin banyak di antara kita yang tidak pernah sadar bahwa sepanjang waktu hati melakukan lebih dari 500 fungsi sehingga pemiliknya bisa menjalani kehidupan dengan nyaman. Karena itu, kita tak bisa hidup tanpa hati. Apa saja hal-hal yang perlu kita ketahui tentang hati?

1. Hati adalah organ terbesar kedua dalam tubuh (setelah kulit) dan beratnya sekitar 1,25 kg.

2. Ukuran hati kira-kira sebesar bola rugby.

3. Hati terletak di bawah rusuk, di bagian kanan atas perut.

4. Hati memiliki lebih dari 500 fungsi, beberapa di antaranya adalah melawan infeksi, memproses makanan yang sudah diserap usus, dan detoksifikasi.

5. Hati memiliki pasokan darah yang unik dari dua sumber. Pasokan darah dari arteri hepatika dan dari vena porta yang berasal dari usus. Semua darah yang berasal dari usus akan mencapai jantung dan paru setelah melewati hati.

6. Hati memiliki kapasitas yang besar untuk tumbuh kembali. Bahkan, bila tiga perempat bagian dari hati diambil, sisanya akan tumbuh kembali sampai ke ukuran dan bentuk normal.

7. Kerusakan hati menghambat kemampuannya melawan infeksi serta menjalankan fungsi-fungsi penting lainnya.

8. Hepatitis C adalah virus yang menyebar melalui darah yang terinfeksi dan menyerang hati serta menyebabkan kerusakan hati.

9. Ada banyak jenis penyakti hati, tetapi yang paling sering adalah virus hepatitis, sirosis (pengerasan hati), batu empedu, dan kanker hati.

10. Sebanyak 75 persen penderita penyakit hati kronis tak mungkin diselamatkan bila tidak menemukan donor yang sesuai.

AN/hepatitis.roche.co.id

Sumber: Kompas.Com