Yuk Siap-Siap, UN Sudah di Depan Mata!

1 April 2016 Berita Pendidikan


Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK sederajat kini semakin dekat. Distribusi soal juga segera disebar ke beberapa daerah di seluruh Indonesia. Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sendiri kini telah menyatakan bahwa pihaknya akan menerima soal ujian nasional tingkat SMA/SMK dan MA dari provinsi pada 31 Maret 2016.

Berlangsung selama 3 hari, UN tingkat SMA/MA akan diselenggarakan pada tanggal 4-6 April 2016 sedangkan untuk jenjang SMK dimulai pada tanggal SMK 4-7 April 2016.

Sekretaris Dinas Pendidikan Nasional Ogan Komering Ulu (OKU), Arzetni mengatakan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu menyambut UN bagi siswa sekolah menengah atas di daerah itu. Persiapan seperti pengamanan soal juga mulai diterapkan dengan kerjasama langsung oleh Polres OKU.

Demi mewujudkan lulusan yang berkualitas, mutu lulusan siswa juga akan dinilai tidak hanya dari segi akademik, melainkan budi pekerti dan membentuk karakter siswa supaya lebih baik.

Di waktu yang sama, Kasi Kurikulum Diknas OKU Bimo Santoso menjabarkan jumlah peserta UN yang meliputi SMA/MA 3.427 siswa dari 35 sekolah, SMK negeri/swasta 1.137 siswa dari 12 sekolah, dan Paket C terdiri atas 432 orang dari 7 sekolah. Jumlah ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

Sedikit berbeda, sistem kelulusan UN tahun ini pun tergantung dari sekolah masing-masing. Jadi dapat disimpulkan bahwa angka kelulusan setiap sekolah juga bisa saja berbeda-beda. Meskipun seperti itu, akan ada kebijakan dan fasilitas bagi para siswa yang mendapat nilai di bawah 55 untuk dapat mengikuti ujian perbaikan pada Oktober mendatang.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)