Yuk, Ikut Olimpiade Nasional pada Mei 2014!

15 April 2014 Berita Pendidikan


Untuk bulan ini tepatnya bulan April 2014, semua jenjang akhir dari SD kelas 6, SMP Kelas 9 dan SMA Kelas 12 akan dihadapkan pada ujian nasional. Namun bukan berarti yang lainnya tidak merasakan apa-apa. Pasalnya Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar akan menggelar kompetisi bagi semua sekolah di Nusantara.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah kembali menyelenggarakan empat kegiatan besar yang melibatkan siswa-siswi berbagai jenjang pendidikan se-Indonesia. Empat tersebut yaitu Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Apresiasi Sasta Siswa SD (untuk SD) / LPIR (Lomba Penelitian Ilmiah Remaja) untuk SMP.

Nah, bagi kalian yang belum mengenal tentang Olimpiade yang akan dihelat di awal bulan Mei akan dijelaskan beberapa Olimpiade yang diikuti oleh SD, SMP DAN SMA sederajat.

1. FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional)
FLS2N merupakan ajang unjuk kemampuan siswa di bidang seni. Berbagai festival dan lomba digelar dalam ajang ini, di antaranya festival teater, lomba menyanyi solo, dan lomba menulis cerita. Di tahun 2014 ini , FLS2N akan digelar di Jawa Tengah tepatnya di kota Semarang pada 1-7 Juni 2014. Pesertanya siswa-siswi jenjang SD, SMP, Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK) Pendidikan Dasar, SMA, PK-LK Pendidikan Menengah, dan SMK.

Untuk informasi lanjut mengenai Syarat dan ketentuan serta Kisi-kisi dari FLS2N 2014 dapat dilihat dan diunduh di link berikut:

· Untuk Sekolah Dasar, silahkan unduh di link FLS2N SD/MI
· Untuk Sekolah Menengah Pertama, silahkan lihat infonya di link FLS2N SMP/MTs

2. OSN (Olimpiade Sains Nasional)
OSN adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.

Berbeda dengan ajang akbar lainnya yang diikuti oleh siswa semua jenjang pendidikan secara serentak dalam satu waktu, pelaksanaan OSN terbagi dalam tiga waktu. Pertama, 4-9 Mei 2014. Lomba adu jenius ini diikuti siswa-siswi jenjang SD. Bali siap menjadi tuan rumah.

Kedua, 15-21 Mei 2014. OSN bagi siswa jenjang SMP ini akan digelar di Sumatera Barat. Pesertanya siswa-siswi jenjang SMP. Ketiga, 1-7 September 2014. OSN yang pesertanya berasal dari siswa jenjang PK-LK Dikdas, SMA, PK-LK Dikmen, dan SMK ini akan dihelat di Nusa Tenggara Barat. Selain siswa, peserta OSN adalah guru SD, SMP, dan SMA.

Penyelengaraan OSN jenjang SD dan SMP tidak berbarengan dengan jenjang pendidikan lainnya. Ini terjadi lantaran para juara OSN kedua jenjang itu perlu waktu lebih awal untuk disiapkan sebagai delegasi Indonesia di lomba sains tingkat dunia.

Untuk informasi lanjut mengenai Syarat dan ketentuan serta Kisi-kisi dari OSN 2014 dapat dilihat dan diunduh di link berikut:

· Untuk Sekolah Dasar, silahkan unduh di link OSN 2014 SD/MI
· Untuk Sekolah Menengah Pertama, silahkan lihat infonya di link OSN 2014 SMP/MTs

3. O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional)
O2SN merupakan ajang lomba bagi siswa se-Indonesia di bidang olahraga. Sejumlah cabang olahraga diperlombakan di acara ini, misalnya lomba atletik, tenis, dan catur. DKI Jakarta siap menjamu para atlet belia se-Indonesia pada 15-21 Juni 2014.

Untuk informasi lanjut mengenai Syarat dan ketentuan serta Kisi-kisi dari O2SN 2014 dapat dilihat dan diunduh di link berikut:

· Untuk Sekolah Dasar, silahkan unduh di link O2SN 2014 SD/MI
· Untuk Sekolah Menengah Pertama, silahkan lihat infonya di link O2SN 2014 SMP/MTs

4. Apresiasi Siswa Sekolah Dasar
Apresiasi Siswa Sekolah Dasar merupakan ajang antarsiswa untuk mengikuti lomba mengarang cerita pendek, lomba cipta pantun, lomba cipta syair dan lomba mendongeng, dalam rangka penganugerahan apresiasi karya sastra bagi penulis cilik serta dapat memacu siswa untuk melakukan olah budi, penalaran dan kreativitas, sehingga melahirkan generasi pemikir yang kelak dapat membangun karakter manusia seutuhnya.

Pelaksanaan Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar 2014 akan diselenggarakan pada Oktober 2014. Ada empat lomba yang digelar yakni Menulis Cerita Pendek, Cipta Pantun, Cipta Syair, dan Mendongeng.

Untuk informasi lanjut mengenai Syarat dan ketentuan serta Kisi-kisi dari Apresiasi Siswa Sekolah Dasar 2014 dapat dilihat atau diunduh di link berikut:

· Untuk Sekolah Dasar, silahkan unduh di link Apresiasi Siswa Sekolah Dasar 2014 untuk SD/MI

5. LPIR (Lomba Penelitian Ilmiah Remaja)
LPIR (Lomba Penelitian Ilmiah Remaja)merupakan suatu kegiatan siswa yang diarahkan pada pengembangan IPTEK, Ditulis menjadi suatu makalah ilmiah dalam rangka pengembangan bakat para siswa dalam bidang penelitian.

Untuk informasi lanjut mengenai Syarat dan ketentuan serta Kisi-kisi dari LPIR 2014, silahkan lihat infonya di link berikut:

· Untuk Sekolah Menengah Pertama di Link LPIR 2014 untuk SMP/MTs

Nah, bagaimana dengan info diatas? Mudah dipahami? Ya, jika Anda merupakan salah satu jempolan diantara beberapa Olimpiade Nasional, segera daftarkan diri Anda di sekolah masing-masing. Selamat berjuang ya!

Oleh: Albert S
(Dikutip dariDikdas.kemendikbud.go.id)