Yuk, Ikut Edunimasi 2011 Berhadiah 190 Juta!

24 Juni 2011 Berita Pendidikan


JAKARTA - Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) bekerjasama dengan tim penyelaras pendidikan dan dunia kerja menyelenggarakan Edunimasi Festival 2011. Acara ini bertajuk sinergi, selaras, dan sukses. Edunimasi Festival akan diisi dengan lomba nasional pembuatan klip animasi edukasi untuk siswa SMK, lembaga kursus dan pelatihan (LKP) serta mahasiswa, dengan total hadiah mencapai Rp.190 Juta.

"Lomba ini bukan hanya untuk siswa pendidikan informal, tetapi mereka yang berasal dari LKP, SMK, perguruan tinggi (politeknik) itu juga bisa ikut," kata Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Wartanto, Rabu (22/6/2011) kepada wartawan, di Jakarta.

Wartono mengatakan, ajang ini diharapkan memberi rangsangan agar mereka lebih kreatif dan siap menghadapi dunia kerja dengan bekal keterampilan dan kompeten. "Ini maksudnya adalah relevansi dan penyelarasan. Jangan sampai mereka yang lulus sekolah atau lembaga kursus itu menganggur," ujarnya.

Persyaratan bagi yang akan mengikuti lomba ini: - Tim terdiri dari 2-5 orang - Mengajukan satu karya berbentuk animasi yang menggambarkan penyelarasan dunia pendidikan dengan dunia kerja dalam durasi 120 detik - Karya yang akan dilombakan adalah karya asli, baru dan belum pernah dipublikasikan serta belum pernah diikut sertakan dalam lomba apapun.

Adapun untuk kategorinya, tim penyelenggara akan membagi peserta ke dalam tiga kelompok. Kategori siswa SMK dengan syarat minimum klip animasi dua dimensi (2D). Sementera itu, kategori siswa LKP dan mahasiswa wajib memenuhi syarat yaitu menyerahkan klip animasi tiga dimensi (3D) dengan durasi 120 detik. Animasi harus dalam format mp4 dengan resolusi 640 X 480 dan dikemas dalam bentuk DVD. Para peserta yang karyanya memenuhi syarat atau spesifikasi teknis akan mendapat sertifikasi dari Kemdiknas.

"Tim juri tentunya kita ambil dari pihak yang kompeten dalam bidang ini, seperti praktisi dari UGM dan ITS. Yang jelas, peserta harus berusaha agar dalam waktu 120 detik orang yang melihat karya animasi itu dapat tahu keselarasan pendidikan dengan dunia kerja. Bagaimana karya animasi yang dilombakan bisa memperlihatkan keselarasan pendidikan dengan dunia kerja," ujarnya.

Karya animasi yang ingin diikut sertakan dalam lomba ini dapat dikirim via surat ke Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan selambat-lambatnya 7 September 2011. Untuk informasi lebih lanjut mengenai lomba ini, calon peserta dapat mengakses informasi melalui www.penyelarasan.kemdiknas.co.id.

Sumber: kompas.com