Berita Pendidikan
1 Februari 2010

Yaman Tawarkan Kuliah Gratis

Rektor Universitas Al-Ahqaf Yaman, Prof Dr H Habib Abdullah Baharun MA, menawarkan kuliah gratis pada para santri alumnus pesantren di Indonesia. Namun sebelum berangkat ke Yaman, mereka akan diseleksi tim yang ditunjuk. Tes meliputi bahasa Arab dan kemampuan menguasai sejumlah kitab.

Kuliah gratis, makan-minum gratis, dan penginapan asrama mahasiswa juga gratis, katanya, saat bersilaturahim dengan para kiai dan ulama pemimpin pesantren se-Jawa Tengah di Pesantren Futuhiyyah, Suburan, Mranggen, Demak, kemarin. Habib Baharun menuturkan bila dari negara lain, calon mahasiswa dibatasi 25-30 orang. Namun dari Indonesia tak dibatasi. Saat ini, ada 350 orang mahasiswa Indonesia kuliah di Universitas Al-Ahqaf Yaman.

Di perguruan tinggi ternama di Kota Tharim itu, mereka mengambil jurusan syariah dan qonun. Selain itu mereka memperdalam agama yang diajar oleh ulama terkemuka di dunia. Perwakilan Al-Ahqaf di Indonesia yang ditunjuk antara lain Habib Hasan Al-Jufri dari Pesantren Jagasatru, Cirebon dan KH Zaim Ahmad Maksoem (Gus Zaim) dari Pesantren Kauman, Lasem, Rembang.
Kasidah Habib Abdullah Baharun tiba di Futuhiyyah didampingi Habib Umar Muthohar SH dan Habib Hasan AlJufri Cirebon. Dia disambut pengasuh pesantren KH Hanif Muslih Lc, Wakil Bupati Demak KH Moh Asyik, Ketua Komisi Fatwa MUI Jawa Tengah KH Kharis Shodaqoh, dan para kiai lain. Dia tampak gembira ketika para santri Futuhiyyah menyambut dengan alunan kasidah terbang. Mereka membawakan syair-syair yang menyanjung kebesaran Rasulullah Muhammad SAW.

Dia menyatakan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, para kiai dan ulama pesantren tak boleh ketinggalan. Namun adab, akhlak, tata krama, dan kebiasaan di pesantren tak boleh luntur oleh perkembangan zaman. Dia gembira karena pesantren di Indonesia selama ini mampu menjadi benteng pertahanan Islam ala ahlussunnah waljamaah dengan baik. (B13-53)Sumber: Suaramerdeka.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris