Wow..tembakau Disulap Menjadi Parfum!

23 Agustus 2013 Berita Pendidikan


Siapa yang menyangka jika tembakau ternyata dapat diolah menjadi parfum? Tidak hanya parfum, tembakau dan limbahnya dapat disulap menjadi produk bermanfaat lainnya, seperti pestisida dan obat luka.

Demikian disampaikan perwakilan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Malang Subiyakto dalam seminar nasional bertema Diversifikasi Produk Tembakau Non Rokok besutan Fakultas Pertanian Universitas Jember (Unej) dan Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Komisariat Daerah Jember.

Menurut Subiyakto, tembakau dapat menjadi bahan perstisida, minyak atsiri, farmasi bahkan parfum. Namun sayangnya, proses menjadikan tembakau sebagai produk nonrokok masih terkendala teknologi pemrosesannya yang masih mahal.

Pendapat senada turut disampaikan pakar teknologi nano dari Universitas Brawijaya (UB) Malang Sutiman B Sumitro. Dia menawarkan penggunaan tembakau untuk balur dan scrub herbal sebagai inovasi asap rokok untuk mengurangi luka dan meningkatkan kesehatan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Unej Jani Januar mengatakan, seminar tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi peluang produk tembakau nonrokok, mengeksplorasi peluang, dan prioritas produk tembakau non rokok dan merumuskan alternatif diversifikasi produk tembakau. Dan Universitas Jember ada di daerah penghasil tembakau, jadi sudah selayaknya memberikan kontribusi nyata untuk masalah tembakau.

Menariknya, selain menggelar kegiatan seminar, Fakultas Pertanian Universitas Jember bersama Perhepi Komisariat Daerah Jember juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti training dan melihat dari dekat pengolahan kopi di Puslit Kopi dan kakao serta PT. Aneka Coffee Indonesia, Sidoarjo. Para mahasiswa tersebut adalah pemenang lomba karya tulis ilmiah mengenai kopi dalam rangka Dies Natalis Universitas Jember tahun lalu. Setelah mengikuti training 15 mahasiswa ini nantinya akan mempresentasikan ide-idenya di hadapan Wamendag langsung.

Wow, terus berinovasi yah.

(Dikutip dari okezone.com)