Wow, Ratusan Siswa dari Sibolga Lolos Masuk PTN Tanpa Tes!

19 Mei 2015 Berita Pendidikan


Sebanyak 201 siswa SMA asal Sibolga diterima di 30 Perguruan Tinggi se-Indonesia tanpa melalui tes, dan dipastikan jumlahnya akan semakin bertambah. Padahal ujian penerimaan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) belum dilaksanakan.

"Para siswa/i ini berasal dari SMA Negeri 1 Sibolga sebanyak 67 orang, SMA Negeri 2 Sibolga sebanyak 48 orang, SMA Negeri 3 Sibolga sebanyak 15 orang, SMA Negeri 4 Sibolga sebanyak 15 orang dan MAN 12 orang," jelas Kadis Pendidikan Kota Sibolga Alpian Hutauruk.

Alpian juga menjelaskan, 201 siswa yang diterima tanpa test di 30 PTN tersebut di antaranya, sebanyak 74 orang di Universitas Sumatera Utara (USU), 54 orang di Universitas Negeri Medan), 13 orang di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, 8 orang di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Selain itu, 7 orang di Univversitas Malikussaleh Banda Aceh, 6 orang di Universitas Brawijaya Malang, 5 orang di Politehnik Medan (Polimed), 4 orang Universitas Riau (UNRI) Pekan Baru, 3 orang Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjkarta, 3 orang UNJ Jakarta, 1 orang di Institut Tehnologi Bandung (ITB) dan Universitas lainnya.

"Kepada masing-masing siswa yang diterima di PTN se-Indonesia tersebut akan diberi bantuan Rp1 juta per orang oleh Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk," tuturnya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)